Antisipasi Dampak Erupsi Gunung Agung, BPBD Lobar Bagikan Masker

Giri Menang, Rabu 29 November 2017 – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lombok Barat (Lobar), H. M. Najib pagi tadi (29/11) mengajak jajarannya menuju Pelabuhan Lembar yang merupakan salah satu pintu keluar masuk wilayah NTB. Di sana mereka membagikan ribuan masker kepada para penumpang kapal dan masyarakat yang tinggal di pesisir pantai.

Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk perhatian Pemkab Lobar terhadap dampak erupsi Gunung Agung di Karangasem Bali yang statusnya dikabarkan semakin meningkat.

Upaya antisipasi ini dilakukan setelah hari Minggu lalu diketahui sempat terjadi hujan abu di wilayah Senggigi. “Sempat ada hanya saja tidak terlalu banyak. Berawal dari sana kita mencoba antisipasi. Kita tidak menunggu adanya laporan, namun berusaha melakukan antisipasi di awal,” jelasnya.

Untuk tahap awal, BPBD menyiapkan sekitar 3.000 masker untuk diberikan kepada penumpang kapal baik yang datang dari Bali maupun yang akan berangkat ke Bali. “Kita berikan untuk penumpang yang datang dan pergi melalui jalur Pelabuhan Lembar ini. Namun yang kita utamakan adalah penumpang yang akan ke Bali,” katanya.

Pemberian masker itu sendiri nantinya akan dilakukan secara berkelanjutan sampai erupsi Gunung Agung benar-benar dinyatakan berakhir. Selain untuk penumpang kapal ferry, masker itu juga nantinya akan didroping ke desa-desa yang berdekatan dengan pantai mulai dari wilayah Senggigi hingga Sekotong.

www.lombokbaratkab.go.id
Powered by Diskominfo Kabupaten Lombok Barat
Jl. Soekarno - Hatta, Giri Menang - Gerung, Telp (0370) 6183001 (Hunting), Fax. 6183006 Kode Pos 83363
Email : diskominfo@lombokbaratkab.go.id