Festival Senggigi Lestarikan Alam Dan Budaya Tampilkan Tari Kolosal Teruna Semalam

Bupati Lombok Barat, Dr. H. Zaini Arony memastikan jika Festival Senggigi 2014 berlangsung dari ...

Tim Pusat Lakukan Verifikasi Terhadap Penghargaan MDGs

Kabupaten Lombok Barat (Lobar), sepertinya tak pernah berhenti memperoleh penghargaan. Kali ini, ...

Spektra Sharing Program dengan TP PKK Lobar

GIRI MENANG-Rombongan Spektra (Studi dan Pengembangan Keberdayaan Masyarakat), lembaga pengabdian ...

Pengusaha Lokal Harus Kaya Inovasi

GIRI MENANG-Di tengah persaingan yang semakin tinggi, pelaku usaha di Kabupaten Lombok Barat ...

Mereka yang Mengharumkan Lobar di Bidang Kehutanan (1)

SDN 1 Labuan Tereng Raih Penghargaan dari Kementerian Kehutanan Setelah berhasil keluar sebagai ...

Relokasi Warga Duduk Temui Jalan Buntu

Kasus Pengungsian Warga Duduk GIRI MENANG-Warga Duduk, Desa Batulayar, Kecamatan Batulayar ...

Lobar Masuk Lima Besar Nasional Lomba P3A

Untuk kesekian kalinya, kabupaten Lombok Barat (Lobar) kembali mengukir prestasi. Kali ini, ...

Apel Paripurna Bupati Tekankan Pelayanan Publik Prima Dan Disiplin PNS

Apel paripurna karyawan-karyawati lingkup Pemkab Lobar berlangsung Rabu (17/9) di Bencingah Agung ...

Pelepasan Calon Jamaah Haji Kabupaten Lombok Barat

Luncurkan Mobil Gokart SMKN 1 Lingsar

Rasa salut dan bangga memang pantas diberikan untuk SMKN 1 Lingsar. Ini karena SMK yang baru berusia 9 tahun ini sudah mampu menciptakan mobil Gokart G1. Peluncuruan mobil ini yang ditambah satu minijeep dan sebuah Turbin Air PLTMH langsung dilakukan oleh Bupati Lombok Barat (lobar), Dr. H. Zaini Arony Sabtu (26/1) di halaman SMKN 1 Lingsar. Bupati dalam sambutannya langsung memberi nama Gokart tersebut “Manggis” sebagai ciri khas Lingsar yang manggisnya nomor satu nasional.

“ Ide itu mahal ” ujar bupati memuji ide yang diciptakan Irwan Aditya Jaya, M. Eng., guru otomotif sekaligus Kepala Bengkel Otomotif,  untuk mobil Gokart. Bupati juga berharap apa yang dihasilkan SMKN 1 Lingsar minimal bisa menyaingi mobil SMK yang dibuat di Solo-Jawa Tengah. Sebagai apresiasi bupati langsung memesan satu mobil Gokart seharga Rp 15 juta.” Saya selaku Bupati memesan satu unit dulu yang dirancang khusus. Gokart itu nantinya akan diletakkan sebagai koleksi di kantor baru. Agar siapapun yang datang dapat melihat dan mengingat, bahwa Lobar melalui siswa SMKN 1 Lingsar sudah bisa membuat Gokart,” katanya bangga.

Bupati Zaini menganggap peluncuran mobil Gokart yang dirangkaikan dengan atau bertepatan dengan peringatan ulang tahun SMKN 1 Lingsar yang ke-9 merupakan hadiah ulang tahun yang luar biasa. “ Ultah merupakan tahun yang berulang, mengingat kembali tanggal lahir kita, dan ada satu peningkatan kualitatif berupa mobil Gokart karya SMKN 1 Lingsar,” kata bupati yang sekaligus ketua DPD Partai berlambang pohon beringin, Golkar NTB ini.

Menurut bupati, apa yang dilakukan SMKN 1 Lingsar merupakan upaya kreatif karena telah memberikan nilai tambah ( added value ) pada barang bekas menjadi lebih bernilai, “ Pak Habibie dalam buknya ‘Dari Pare-Pare Lewat Aachen’ adalah yang pertama kali memperkenalkan added value dengan menciptakan pesawat,”  ujar bupati. SMKN 1 Lingsar menurutnya telah memulai, meski belum sempurna, tidak perlu rendah diri. “ Tidak ada produk yang murni hasil satu orang ” ujarnya dengan mencontohkan computer yang komponen-kompenennya tidak hanya dibuat oleh satu orang.

Tak hanya itu, bupati juga bangga dengan SMKN 1 Lingsar yang telah mendapatkan ISO 9001 yang artinya sudah mendapat pangakuan standar an kualitas.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lobar, H. Faturrahim menyampaikan bahwa SMKN 1 Lingsar telah mengalami kemajuan yang pesat. Tahun 2004 saat berdiri peserta didik hanya 97 orang dan sekarang sudah menjadi SMK besar ketiga di Lobar dengan peserta  didik 1.148 orang dan 32 rombongan belajar. Mobil Gokart yang diciptakan SMKN 1 Lingsar dikerjakan dalam waktu 3 bulan dan itupun pada luar jam pelajaran. Mobil tersebut dibuat dari bahan-bahan  bekas, Honda 125 cc. Gokart itu nantinya bisa dimanfaatkan untuk mobil sampah atau mesin pemotong rumput. Disebutkan Faturrahim, 3 SMK di Lobar yang telah mendapat ISO 9001 yaitu SMKN 2 Kuripan, SMKN 1 Kuripan, dan SMKN 1 Lingsar.

Di Lobar kata Faturrahim, tahun lalu (2012) telah dibuat 3 SMP baru. Dan tahun 2013 ini, Lobar akan membangun 1 SMA yaitu SMAN 2 Narmada dan 2 SMK baru yaitu SMKN 2 Gerung dan SMKN 2 Lingsar. SMKN 2 Lingsar akan dibangun di Dasan Gerie. Nilai masing-masing sekolah sekitar Rp 1,5 M.

Pada bagian akhir sambutannya, bupati menyampaikan paling tidak 3 misi lembaga pendidikan baik sekolah, perguruan tinggi maupun ponpes, yaitu to teach, pembelajaran, kemudian to discover, menemukan, melakukan kajin, ide, perencanaan dan pelaksanaan. “Maka lahirlah mobil Gokart,” ujar Zaini. Yang terakhir yaitu to publish (diumumkan) ke publik. “Inilah hasil anak-anak kita,” katanya. Menurut bupati kala dunia pendidikan statis maka ilmu pengetahuan akan mandek.

Hadir sejumlah tuan guru, kepala-kepala SKPD, kepala-kepala sekolah dan guru, para siswa-siswi, dan ratusan undangan lainnya. (Muhammad Busayiri – Humas)

 

.