GELAR JOB FAIR, PEMKAB LOBAR TARGETKAN TEKAN TPT

Giri Menang, Rabu 21 Maret 2018 – Dalam rangka memenuhi kesempatan dan kebutuhan lowongan kerja, Pemerintah Kabupaten Lombok Barat (Pemkab Lobar) melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) bekerja sama dengan Dirjen Penempatan Tenaga Kerja Dalam Negeri Kementerian Tenaga Kerja RI menggelar kegiatan pameran Kesempatan Kerja Job Fair. Kegiatan tersebut berlangsung di Bencingah Agung kantor Bupati Lobar di Giri Menang-Gerung, Rabu (21/3).

Pameran Job Fair, dihajatkan selain untuk memenuhi kesempatan kerja, tapi juga dalam rangka mengurangi angka Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di daerah Patut Patuh Patju yang berkisar pada angka 3,20 persen.

Pjs. Bupati Lobar melalui Staf Ahli Bidang Perekonomian dan SDM, H. Mahyudin menyatakan, pelaksanaan Job Fair ini menjadi sangat strategis dalam rangka memenuhi amanat UUD 1945 bahwa tiap-tiap WNI berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak. Terlepas dari itu, Mahyudin berharap kegiatan Job Fair ini agar digaungkan hingga ke pelosok desa.

“Maksudnya agar semua pencari kerja itu tahu hari ini dan besok ada semacam forum untuk mencari lowongan kerja,” harap mantan Kepala Dispenda Lobar ini.

Ditekankan Mahyudin, jika pihak Kementerian Tenaga Kerja (Kemnaker) RI berkenan membuat schedule Job fair, maka pihak pemkab Lobar telah siap untuk mempertemukan antara pencari kerja dan perusahaan penampung tenaga kerja. Maksudnya, tegas Mahyudin, supaya tingkat kesejahteraan masyarakat Lobar terus meningkat.

“Intinya, pihak Pemkab Lobar akan memberikan kemudahan dalam berinvestasi dalam membuka lapangan pekerjaan,” tambah Mahyudin.

Menjawab pernyataan Mahyudin, Perwakilan Dirjen Penempatan Tenaga Kerja Dalam Negeri Kemnaker RI, Selviana mengatakan pihaknya memberikan apresiasi terhadap kegiatan Job Fair ini. Tujuannya cukup trategis dalam rangka mempertemukan secara langsung antara pencari kerja dan pemberi kerja.

Harapannya, para pencari kerja dapat meraih pekerjaan sesuai bakat, minat dan kompetensi yang dimiliki. Demikian pula dengan pihak perusahaan, dapat memperoleh tanaga kerja yang sesuai dengan kualifikasi pekerjaan yang dibutuhkan.

Di tempat yang sama, Kepala Disnaker Lobar melalui Kasi Informasi Pasar Kerja dan Bursa Kerja, Junihardy menyatakan, TPT Lobar masih berada di atas Provinsi NTB. Dalam kegiatan Job Fair ini, perusahaan yang hadir siap menampung pencari kerja sebanyak 15 perusahaan ditambah dari pihak Kemenaker terkait dengan Informasi Data Ketenagakerjaan.

“Dari 15 perusahaan ini, memiliki lowongan pekerjaan 4-8 posisi dengan tenaga kerja yang dibutuhkan berpariatif. Minimal per satu lowongan itu mencapai 11-20 orang,” jelasnya.

Dijelaskan Junihardy, pihaknya sudah menerima pendaftaran pencari kerja (pencaker) melalui online sebanyak 870 orang. Diharapkan, melalui Job Fair ini bisa menutup angka TPT di Lobar. Terkait dengan harapan itu, pihaknya terus melakukan sosialisasi, sehingga angka TPT Lobar yang berkisar pada 3,20 persen.

“Dalam Job Fair ini, kita targetkan 500 orang di semua perusahaan,” kata Junihardy menutup pembicaraan. (LPA/humas)

www.lombokbaratkab.go.id
Powered by Diskominfotik Kabupaten Lombok Barat
Jl. Soekarno - Hatta, Giri Menang - Gerung, Telp (0370) 6183001 (Hunting), Fax. 6183006 Kode Pos 83363
Email : diskominfo@lombokbaratkab.go.id