Pelayanan dan penyelenggaraan bidang  Kependudukan dan Pencataan Sipil merupakan salah satu upaya untuk mensejahterakan masyarakat. Hal tersebut dituangkan dalam  visi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lombok Barat yaitu “ Terwujudnya Administrasi Kependudukan dan Catatan Sipil Melalui Optimalisasi Kualitas Pelayanan Berbasis SIAK ” yang merupakan penjabaran dari Tugas Pokok yang diemban yaitu penyelenggaraan urusan rumah tangga daerah dibidang Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Salah satu terobosan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil adalah pengadaan Mobil Keliling untuk pelayanan Administrasi Kependudukan. Proses pengadaan mobil keliling selesai dilakukan pada bulan April 2011 dan dilanjutkan dengan  launching oleh Bapak Bupati Lombok Barat yang dilaksanakan tanggal 21 April 2011 bertepatan dengan pembukaan pameran pembangunan dalam rangka Hari Ulang Tahun Lombok Barat ke – 53. Mobil pelayanan KTP keliling ini mampu melayani pembuatan KTP,KK dan Akta kelahiran. Mobil tersebut memiliki berbagai kelengkapan yang dibutuhkan, antara lain computer, printer, kamera scanner sidik jari hingga genset.

Operasional mobil pelayanan KTP, KK dan Akte Kelahiran keliling ke desa dijadwalkan mulai dari Bulan Mei sampai dengan Desember 2011 di 10 Kecamatan di wilayah Kabupaten Lombok Barat. Antusias masyarakat terhadap pelayanan ini cukup tinggi, hal ini tercermin dari  jumlah penduduk terlayani yang melebihi target dan adanya komentar positif dari masyarakat. Pelaksanaan pelayanan tersebut di masing-masing lokasi dimulai sejak pukul 09.00 Wita dan berakhir pada pukul 18.00 Wita.

Pelayanan yang menyangkut administrasi kependudukan dikelola oleh Dinas Kependukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lombok Barat beralamat di Jl. Jenderal Sudirman Dasan Geres – Gerung dengan jenis pelayanan meliputi :

1. Akta Kelahiran

2. Akta Kelahiran Keliling

3. Akta Perkawinan

4. Akta Perceraian

5. Kartu Keluarga (KK) Keliling

6. Kartu Tanda Penduduk (KTP) Keliling

7. Akta Pengesahan dan Pengangkatan Anak