Giri Menang, Diskominfotik – Upaya meningkatkan kualitas pelayanan dan menjalankan tugas fungsinya, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpusda) Kabupaten Lombok Barat (Lobar) kembali melakukan peningkatan kapasitas SDM melalui evaluasi perjumpaan. Evaluasi ini ditempuh dengan cara curah pendapat dan testimoni yang melibatkan lebih dari 50 karyawan Disarpusda Lobar. Kegiatan ini didampingi oleh relawan Sekolah Perjumpaan di Kantor Disarpusda Lobar, Jumat (5/8/2022).

“Kegiatan ini membuka kesempatan buat seluruh jajaran staff dan pimpinan untuk saling terbuka satu dengan lainnya,” terang Kepala Disarpusda Lobar, H. Saepul Akhkam saat mengikuti acara evaluasi. Seperti yang disampaikan salah satu staff mengkeritisi terkait pembayaran TPP antara staf rajin dengan staf yang malas.

Sebelumnya, imbuh Akhkam telah dilaksanakan pembekalan dan deklarasi komitmen untuk melakukan perubahan, mulai dari persoalan kedisiplinan sampai pada upaya meningkatkan kualitas pelayanan pada masyarakat.
“Sampai dengan 2 minggu ini, saya merasakan perubahan yang cukup signifikan. Kehadiran pada apel dan berbagai kegiatan pembinaan di lapangan,” ujar Ahkam.

Di kesempatan yang sama, salah seorang relawan menyampaikan, “Yang kita refleksikan hari ini adalah apa yang kita komitmenkan minggu lalu. Salah satunya adalah komitmen untuk mau mendengarkan,” kata Saiful Akhyar, salah seorang mentor dari Sekolah Perjumpaan.

Ada beberapa komitmen bersama yang muncul setelah refleksi, kata Saiful Akhyar. Semua unsur di Disarpusda untuk selalu saling mengingatkan, tidak saling tersinggung dan menjadikan kantor sebagai keluarga kedua dalam kehidupan sehari-harinya. Saiful Akhyar yang saat pendampingan ini membawa 7 orang relawan pendamping Sekolah Perjumpaan.