Wujudkan Pilkades Damai, Forkopimda Lombok Barat Gelar Rapat Koordinasi

Sekotong, Diskominfotik – Pemerintah Kabupaten Lombok Barat bertekad mewujudkan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak yang damai dan demokratis. Untuk mewujudkan hal tersebut Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) menggelar rapat koordinasi terkait pelaksanaan Pilkades Serentak. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Hotel Sundancer, Sekotong, Lombok Barat, Kamis, 11 Mei 2023.

Hadir dalam rapat koordinasi ini Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid, Wakil Bupati Lombok Barat Hj. Sumiatun, Kapolres Lombok Barat AKBP Bagus Nyoman Gede Janaedi, S.H., S.I.K., M.A.P. , Perwakilan Kapolresta Mataram, Perwakilan Dandim 1606/Mataram, Perwakilan Kajari, Perwakilan Pengadilan Negeri Mataram, Sekda Lombok Barat H. Ilham, Para Asisten, Sejumlah Kepala OPD dan Camat Se Lombok Barat. Rapat ini dipimpin oleh Sekda Lombok Barat H. Ilham. Dalam pemaparannya H. Ilham mengatakan bahwa pertemuan atau rapat koordinasi ini dilakukan untuk mendapatkan gambaran utuh dan pemetaan terkait pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Lombok Barat. Ia juga mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Lombok Barat bersama Forkopimda memiliki tekad untuk mewujudkan Pilkades serentak yang aman dan damai serta demokratis. ” Rapat ini kita laksanakan untuk mendapatkan gambaran terkait pilkades serentak di Kabupaten Lombok Barat tanggal 24 Mei 2023 mendatang. Kita juga nantinya mohon arahan dari TNI dan Polri serta Pimpinan Daerah terkait dengan Pilkades serentak ini” ujarnya.

Sekda H.Ilham menyampaikan bahwa Pemkab Lombok Barat berharap dan bertekad agar ajang pilkades serentak ini dapat berjalan dengan baik dan damai. Selain itu Pemerintah Daerah juga berharap agar Pilkades serentak ini dapat melahirkan pemimpin pemimpin desa yang terbaik sesuai dengan pilihan masyarakat. “Karenanya Forkopimda dan Pemerintah Daerah hari ini menggelar rapat ini untuk mengantisipasi berbagai potensi potensi masalah dalam pilkades serentak” ujarnya.

Dalam kesempatan ini Sekda H. Ilham juga mengatakan bahwa Bupati dan Wakil Bupati Lobar bersama Forkopimda Lobar meminta semua pihak baik masyarakat dan para calon serta tim sukses kepala desa untuk tetap menjunjung tinggi nilai nilai demokrasi dan tetap menjaga kondusifitas daerah. Menurutnya hal ini penting agar pilkades dapat berjalan dengan damai sehingga situasi daerah tetap aman. Karenanya ia meminta dan menekankan kepada semua pihak untuk bersama sama dan berkolaborasi dalam menjaga keamanan dan ketertiban sehingga pilkades berjalan dengan lancar dan damai. “Kami mengajak dan meminta semua pihak untuk bersama sama menjaga keamanan dan ketertiban wilayah sehingga pilkades berjalan aman dan damai” ujarnya.

Dalam rapat ini juga disampaikan dan dipaparkan tentang situasi dan kondisi di masing masing kecamatan. Dari laporan para camat, semua kecamatan yang melaksanakan pilkades tetap dalam kondisi kondusif pasca pengundian nomor urut calon kepala Desa. Diharapkan situasi dan kondisi kondusif ini dapat berlangsung pasca pemungutan suara dan pelantikan Kepala Desa.

Seperti diketehui tanggal 24 Mei 2023, Pemda Lombok Barat akan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak di 18 Desa yang tersebar di 9 Kecamatan. Diharapkan Pilkades serentak berjalan dengan aman dan damai. (Diskominfotik/Tim IKP)

www.lombokbaratkab.go.id
Powered by Diskominfotik Kabupaten Lombok Barat
Jl. Soekarno - Hatta, Giri Menang - Gerung, Telp (0370) 6183001 (Hunting), Fax. 6183006 Kode Pos 83363
Email : diskominfo@lombokbaratkab.go.id