Dikes Lobar Kerjasama dengan Yayasan Cipta Tanoto Foundation dalam Pembuatan Kurikulum dan Modul Pelatihan Percepat Pencegahan Stuting di Lobar

Gerung, Diskominfotik – Tanoto Foundation bersama Yayasan Cipta bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Lombok Barat (Lobar) menggelar workshop pengembangam kurikulum dan penyususnan modul pelatihan DA’I dan Tokoh Adat kesehatan melalui komunikasi perubahan perlaku untuk percepatan pecegahan stunting di Kabupaten Lobar, Bertempat di Aula Ujung Landasan, Gerung, Lobar, Selasa (4/5/2021).

Dalam kegiatan yang berlangsung selama dua hari mulai 3 Mei hingga 4 Mei 2021. Dengan mendengarkan hasil diskusi masing masing perwakilan DA’I Kesehatan, Tokoh Masyarakat dan Dikes Lobar dalam penyusunan modul dan kurikulum mengenai Stunting dan Penanggulangannya.

Dikes Lobar yang diwakili oleh Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat (Kesmas) H. M. Abdullah, dan Kepala Seksi Promosi Kesehatan (Promkes) Dikes Lobar M. Zainuddin. Pengusunan modul pada sudut pandang Dikes Lobar berfokus pada stunting dan upaya penanggulangannya, dengan tujuan memberikan pengertian dan pemahaman kepada masyarakat terkait bagimana cara penanggulangan stunting yang merupakan kebijakan Nasional dan Daerah.

H. M. Abdullah Kepala Bidang Kesmas menjelaskan, “peran DA’I Kesehatan dan Tokoh Adat harus memahami posisi masing-masing dalam penanganan dan pencegahan stunting di lokasi khusus stunting, masyarakat harus diberikan pemahaman mengenai program-program DAI dan Tokoh Adat yang telah tersusun dalam modul dan kurikulum yang ditetapkan bersama dalam pertemuan ini,” ujarnya.

Nantinya Forum DA’I Kesehatan bisa memberikan pemahaman Stunting dengan mengkonversi bahasa medis ke bahasa dakwah dengan menghasilkan kamus kecil khusus stunting dengan bahasa sesuai dengan daerah masing-masing agar mempermudah penyampaian melalui media ceramah pada jamaah dan khutbah jum’at. 

“Sinergi wajib dilakukan dengan unsur yang ada pada kesempatan ini Tokoh Adat dan Masyarakat, mengenai konversi bahasa medis ke dakwah untuk menjaga perasaan dalam penyamapaian materi stunting yang dikarenakan bahasa di setiap daerah berbeda-beda mengenai Stunting,” ungkap Ketua Forum DA’I Kesehatan Lobar TGH. Ilham Yusron Ibrahim.

“Budaya dan Agama itu sepaket, jadi harus sejalan, karena mencegah Stunting itu penting.” Tegas Budi Santosa Distric Officer Yayasan Cipta. Diskominfotik/YL

www.lombokbaratkab.go.id
Powered by Diskominfotik Kabupaten Lombok Barat
Jl. Soekarno - Hatta, Giri Menang - Gerung, Telp (0370) 6183001 (Hunting), Fax. 6183006 Kode Pos 83363
Email : diskominfo@lombokbaratkab.go.id