Harganas Momen Revitalisasi Keluarga

Giri Menang, Rabu 6 September 2017 – Keluarga sebagai unit terkecil dalam struktur sosial dinilai memiliki peran penting dalam pembangunan. Hal itu disuarakan kembali dalam Perayaan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke XXIV Tingkat Kabupaten Lombok Barat (Kab. Lobar) yang dipusatkan di Bencingah Agung Kantor Bupati Lobar hari ini, Rabu (6/9).

Ketua Pelaksana perayaan Hj. Khairatun Fauzan Khalid menegaskan dalam sambutannya bahwa kegiatan Harganas tetap digelar setiap tahun. Bagi istri Bupati ini, Harganas bertujuan untuk memupuk terus menerus kesadaran masyarakat akan pentingnya keluarga yang kecil, bahagia dan sejahtera.

“Adanya keluarga kecil bahagia dan sejahtera akan memupuk keluarga yang berkualitas,” katanya.

Ketua Tim Penggerak PKK Lobar ini juga berharap, momentum Harganas kali ini agar bisa menumbuhkan kesadaran setiap keluarga untuk memperbaiki kualitas keluarga secara kontinyu sesuai dengan tema tahun ini “Dengan Hari Keluarga Nasional, kita bangun karekter bangsa melalui keluarga yang berketahanan”.

Di tempat yang sama, Sekretaris Daerah (Sekda) Lobar, Ir. H. Moh. Taufiq, M.Sc dalam arahannya menyatakan, Harganas hendaknya dapat dijadikan sebagai momentum kebangkitan program kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga untuk menuju keluarga kecil bahagia.

“Keluarga merupakan lingkungan pertama dan utama, tempat terbentuknya kepribadian sosial,” paparnya.

Bagi Taufiq, kesadaran berkeluarga yang dipengaruhi oleh slogan Keluarga Berencana, yakni Dua Anak Cukup, Laki Perempuan Sama bisa menjadi pilar awal pengendalian penduduk dan pembangunan nasional.

Pada kesempatan itu, panitia pun mengumumkan Pemenang Lomba Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) tingkat Provinsi NTB yang diraih oleh Pemkab. Lobar di antaranya adalah RSUD Tripat Gerung sebagai juara 1 tk. Provinsi pada Lomba Versi Award,
Radio Darling Desa Lingsar dan Kelompok Informasi dan Konseling Desa Midang sebagai juara 1 Kelompok Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) tk. Provinsi NTB.

Dalam kesempatan yang sama, panitia juga mengumumkan prestasi di tingkat kabupaten, antara lain yang diraih oleh Kelompok Bina Keluarga Remaja (BKR) Sehat Cerdas dan Berakhlak sebagai Pemenang lomba Program KKBPK tingkat Kabupaten Lombok Barat, pada Lomba Penyuluhan Keluarga Berencana (PKB) diraih oleh PKB Desa Lembuak-Kecamatan Narmada. Lomba Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa diraih oleh Nuraini.

Lomba KB Lestari Katagori 10 Tahun diraih oleh pasangan Anshori & Sri Utami, Katagori 15 Tahun oleh H. Budi dan Baiq Rahmi Ahadiyah, Katagori 20 Tahun diraih oleh H. Moh. Juani, S.Pd dan istrinya yang bernama Maelani.

Acara yang berlangsung meriah ini diawali dengan konvoi kampanye KB oleh para petugas KB dan dihadiri juga oleh Perwakilan BKKBN provinsi NTB, semua Kepala SKPD, dan ratusan kader Posyandu se-Kab. Lobar. (LPA/humas)

www.lombokbaratkab.go.id
Powered by Diskominfotik Kabupaten Lombok Barat
Jl. Soekarno - Hatta, Giri Menang - Gerung, Telp (0370) 6183001 (Hunting), Fax. 6183006 Kode Pos 83363
Email : diskominfo@lombokbaratkab.go.id