Kades Banyu Urip Terpilih Dilantik Pelantikan Terakhir Di Tahun Politik

Diawali menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars PKK, Mars Lombok Barat Membangun oleh TP. PKK Kecamatan Gerung, pembacaan ayat-ayat suci Al-Quran oleh Ustaz Zaitun Ridwan pria asal Gerung yang merupakan Qorik terbaik I Nasional pada MTQ Palangkaraya golongan cacat netra, maka secara resmi Jumayadi, S.Pd.I dilantik sebagai Kepala Desa Banyu Urip, menggantikan Anwar yang sebelumnya menjabat satu periode memimpin roda pemerintahan di Desa Banyu Urip, Kecamatan Gerung.

Pelantikan Kades tersebut dilakukan Camat Gerung, Bq. Yeni Ekawati, S.Sos atas nama Bupati Lombok Barat. Hadir pada kesempatan itu Sekda Lobar, Drs. H. Moh. Uzair, Asisten I Drs. H. MS. Udin, Kepala BPMPD H. Muridun, SE, MM, Muspika Kecamatan Gerung, tokoh agama, tokoh masyarakat dan segenap masyarakat Desa Banyu Urip.

Sebagaimana diketahui pelantikan Kades banyu Urip kali ini merupakan rangkaian pelantikan kades terakhir di Kabupaten Lombok Barat tahun 2013. Hal ini disebabkan adanya kebijakan pemerintah pusat yang mana tahun 2014 ini merupakan tahun “politik” yakni Pemilu Legislatif 9 April 2014 dan Pemilu Presiden/Wapres 9 Juli 2014. Karena dengan alasan keamanan dan stabilitas politik yang lebih kondusif, maka Pemilihan dalam bentuk apapun untuk sementara waktu ditiadakan.

Sekda Lobar, HM. Uzair` mewakili Bupati dalam arahannya menyatakan,    pelantikan Kades kali ini merupakan pelantikan terakhir Kades di tahun 2013. “Sebelumnya  sejak bulan januari sampai saat ini , kami telah menyaksikan 5 kepala desa yang dilantik, ini adalah pelantikan dari pemilihan Kepala Desa yang terakhir di tahun 2013. Sesuai dengan kebijakan pusapat bahwa 2014 adalah tahun politik,” kata Bupati.

Bupati mengingatkan di tahun politik 2014 ini, khususnya kepada Kades terpilih untuk tidak mendukung salah satu calon namun harus netral. Kepala Desa merupakan pemegang tampuk pimpinan dilevel desa. Dia memimpin desa untuk membangun dengan irama kebersamaan yang utuh dengan pemberdayaan yang kuat.

Bupati H. Zaini Arony mendukung sepenuhnya melalui kebijakan anggaran yang mencukupi, bagi seluruh program pelaksanaan pembangunan di pedesaan. Sebagaimana diketahui bersama bersama bahwa di Desa Banyu Urip pada tahun 2013 ADD-nya mencapai Rp. 218.038.600. Dana mealalui PNPM Mandiri Pedesaan berkisar Rp. 81 juta. “Insya Allah Pemkab. Lobar tahun 2014 akan meluncurkan ADD rata-rata Rp. 275.000.000 dan PNPM Mandiri Pedesaan sebesar Rp. 900.000.000/kecamatan, tidak termasuk TPAD (tunjangan) dan PNPM GSC dan integrasi, kata Bupati.

Bupati berharap, dengan alokasi anggaran dimaksud, dana perimbangan pemerintah daerah/pemerintah desa akan ditambah lagi dengan dana transfer dari APBN di tahun 2015. Dengan demikian diharapkan wajah dan geliat pembangunan di desa akan semakin lebih baik khususnya di Lombok Barat dari yang telah dicapai tahun 2013 dan sedang diimplementasikan di tahun 2014 ini.

Kecuali itu kepada Kades yang baru dilantik, Bupati mengingatkan agar menjalankan tugas pengabdian kepada masyarakatnya dengan sebaik-baiknya. Dan kepada Kades demisioner sebelumnya Anwar, Pemkab. Lobar mengucapkan terimakasih dan penghargaan setinggi-tinginya atas pengabdiannya selama ini.

Demikian juga kepada segenap Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan lembaga kemasyarakatan desa lainnya hendaknya dapat bekerjasama dan bisa membangun berdasarkan kemitraan dengan Kepala Desa secara baik.

Masyarakat Desa Banyu Urif-pun diingatkan Bupati untuk tetap mendukung semua kebijakan Pemerintah Daerah dan kebijakan pemerintah desa Banyu Urif untuk bekerjasama dan bergotong royong membangun desa  termasuk kepada competitor lainnya dalam Pilkades Desa banyu Urif belum lama ini. (Bag. Humas)

www.lombokbaratkab.go.id
Powered by Diskominfotik Kabupaten Lombok Barat
Jl. Soekarno - Hatta, Giri Menang - Gerung, Telp (0370) 6183001 (Hunting), Fax. 6183006 Kode Pos 83363
Email : diskominfo@lombokbaratkab.go.id