Komitmen Tanggulangi Kemiskinan, Lobar Gelar Rakor TKPKD

Giri Menang – Meskipun telah mengalami penurunan yang signifikan, dari 24,09 % tahun 2009 menjadi 17,43% tahun 2013, kemiskinan di Lombok Barat (Lobar) masih menjadi pekerjaan rumah pemerintah kabupaten untuk menuntaskannya. Untuk itu, Kamis (4/6) kemarin, Lobar menggelar rapat koordinasi Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) di Aula Utama Kantor Bupati Lobar.

            Laporan kegiatan yang disampaikan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Lobar, Dr. H. Baehaqi,MM., M.Pd., menyebutkan beberapa tujuan rakor ini. Yaitu mempertegas komitmen pemerintah daerah dalam penanggulangan kemiskinan serta meningkatkan keterlibatan stakeholders dalam membantu penanggulangan kemiskinan.

            Peserta rakor sebanyak 150 orang terdiri atas unsur TKPKD Lobar, TKPK, para camat, dan lain-lain. Acara ini dibuka oleh Wakil Bupati H. Fauzan Khalid, S.Ag., M.Si., dan dihadiri staf ahli, beberapa kepala SKPD dan undangan lainnya.

            Adapun narasumber yaitu Wabup Fauzan Khalid selaku Ketua TKPKD Lobar, Kepala Bappeda, Dr. G. Irwan Suryanto, Asisten Koordinator Pokja Kebijakan TNP2K Sekretariat Wakil Presiden RI, Agus Alwi dari BPS Lobar serta Kadis Sosnakertrans, Drs. H. Faturrahim, M.Si.

            Wabup Fauzan Khalid dalam sambutannya menyampaikan dalam UUD 1945 negara melindungi fakir miskin dan akan-anak terlantar. Dan untuk melindungi fakir miskin yang terarah, terpadu, dan tepat sasaran, dibutuhkan data yang baik.

“Data yang baik diukur dari validitas dan legalitas, tidak bisa satu saja, validitas tanpa legalitas atau legalitas ada tapi tanpa validitas,” ujar wabup.

            Dikatakan Wabup, untuk menuntaskan kemiskinan membutuhkan dukungan dari berbagai pihak serta koordinasi antar pihak yang terlibat. Ditambahkan, dengan adanya Pemutakhiran Basis Data Terpadu (PBDT), maka kita bisa membangun dengan baik.

“Membangun data yang baik dan membangun dengan data yang baik,” tegas wabup. Wabup pun berharap agar penanggulangan kemiskinan di Lobar bisa lebih baik.

            Dr. Irwan memberikan pemaparan tentang Menuju Sistem Registrasi Tunggal, sementara Kadis Sosnakertrans memaparkan tentang verifikasi dan validasi data kemiskinan. Dr. Baehaqi memaparkan tentang Peran dan Fungsi TKPKD dan Agus Alwi menyampaikan tentang Pemutakhiran Basis Data Terpadu. (Muhammad Busyairi-Humas)

www.lombokbaratkab.go.id
Powered by Diskominfotik Kabupaten Lombok Barat
Jl. Soekarno - Hatta, Giri Menang - Gerung, Telp (0370) 6183001 (Hunting), Fax. 6183006 Kode Pos 83363
Email : diskominfo@lombokbaratkab.go.id