Lobar Gelar Pilkades Serentak di 17 Desa

Pemerintah Kabupaten Lombok Barat (Lobar) hari ini (Sabtu, 6/12), menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak. Kegiatan Pilkades akan dilakukan oleh 17 Desa di 8 Kecamatan. Sebelum dilakukan Pilkades pada hari Kamis (4/12), seluruh Panitia Pilkades telah diberikan sosialisasi dan pembekalan di Aula Utama kantor Bupati Lobar. Kegiatan sosialisasi ini difasilitasi oleh Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD), dan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol). Sementara Wakil Bupati (Wabup) Lobar, H. Fauzan Khalid, S.Ag, M.Si memberikan arahan dan saran selama sosialisasi. Hadir sebagai undangan dalam kegiatan ini, Ketua Panitia Pilkades, Camat, Kepolisian (Polsek) serta TNI (Koramil) yang di wilayahnya akan melangsungkan proses Pilkades.
Pada kesempatan itu, masing-masing Ketua Panitia Pilkades diberikan kesempatan untuk melaporkan kemajuan proses persiapan, serta kemungkinan adanya intrik warga untuk menggagalkan pilkades. Secara keseluruhan, mereka melaporkan, situasi dan kondisi keamanan sangat terkendali, sehingga diharapkan, ke 17 Desa sudah siap menggelar Pilkades secara serentak. “Kalau demikian adanya, silahkan para panitia bertugas dengan penuh tanggung jawab”, tegas Wabup.
Pada kesempatan yang sama, Wabup Lobar menyatakan, kegiatan pilkades secara serentak ini merupakan pertama kalinya di Indonesia. Beruntung kegiatan ini dilakukan di Lobar, kendati Undang-Undang Desa mengamanatkan Pilkades dilaksanakan maksimal tiga kali. Karena kegiatan ini pertama kali dilakukan, namun pihak pemda setempat belum sempat menganggarkan pilkades untuk tahun anggaran 2014. ”Anggaran pilkades itu ditetapkan di tahun 2013” katanya seraya menambahkan, Undang-Undang Desa ditetapkan tahun 2014. Jadi tidak mungkin bisa masuk anggaran pilkades serentak ini pada akhir tahun ini. “Mohon konteks ini juga dipahami, anggaran pilkades ini dibebankan ke masing-masing calon kades,” jelas Wabup.
Lebih lanjut beliau katakan, sebesar apapun tantangan dan hambatan, tapi kalau seluruh panitia bekerja dengan penuh tanggung jawab, sesuai dengan prosedur, apapun masalahnya siap dihadapi. “Saya kira Camat, Kepolisian dan TNI pasti akan mem-back up”. Untuk itu Wabup sangat berterima kasih dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada semua pihak yang terlibat dalam mensukseskan proses Pilkades serentak di Kabupaten Lombok Barat.
Hal lain yang disampaikan oleh Wabup, pihak BPMPD supaya memberikan parameter penilaian. Desa mana yang terbaik menggelar Pilkades. Selanjutnya, Desa yang terpilih sebagai Desa terbaik dalam gelaran Pilkades, berhak mendapatkan penghargaan. Penghargaan ini akan diberikan pada saat gelaran HUT Lobar 17 April 2015 nanti. Parameter penilaian, diantaranya dapat mengacu pada Pilkades mana yang antusiasme masyarakatnya tinggi, atau seberapa kecil masalah di wilayah itu, dan seterusnya. (L. Pangkat Ali – Pranata Humas Pelaksana)

17 Desa yang akan menggelar Pilkades serentak:

1. Kecamatan Sekotong (Desa Sekotong Tengah, Desa Kedaro)
2. Kecamatan Lembar (Desa jakem Timur, & Desa Mareje)
3. Kecamatan Gerung (Desa Babussalam)
4. Kecamatan Kuripan (Desa Kuripan Selatan, & Desa Giri Sasak)
5. Kecamatan Labuapi (Desa Labuapi, Desa Kuranji Dalem, & Desa Prampuan)
6. Kecamatan Narmada (Desa Gerimax Indah, & Desa Batu Kute)
7. Kecamatan Gunungsari (Desa Mambalan, & Desa Taman Sari)
8. Kecamatan Batulayar (Desa Batulayar Barat, Desa Senteluk, & Desa Senggigi)

 

 

www.lombokbaratkab.go.id
Powered by Diskominfotik Kabupaten Lombok Barat
Jl. Soekarno - Hatta, Giri Menang - Gerung, Telp (0370) 6183001 (Hunting), Fax. 6183006 Kode Pos 83363
Email : diskominfo@lombokbaratkab.go.id