LPA – Dewan Anak Lobar, Gelar HAN 2012

Sama seperti tahun sebelumnya, peringatan Hari Anak Nasional (HAN) berlangsung meriah. Kemeriahan itu sering mewarnai Bencingah Agung, kantor bupati Lombok Barat (Lobar) tempat berlangsungnya gelaran HAN. Namun, peringatan HAN Lobar tahun 2012 ini, tidak lagi digelar di Bencingah Agung, melainkan di Taman Narmada, Kecamatan Narmada, Rabu (14/11) lalu.

Gelaran HAN tahun 2012, dilaksakanan selama satu hari atas kerjasama Lembaga Perlindungan Anak (LPA) dengan sejumlah jejaring peduli anak seperti, Dewan Anak, BKBPP, Dikbud, PMI dan P2TP2A Lobar. Lembaga-lembaga tersebut, selain menggelar acara seremoni, tapi juga menggelar kegiatan donor darah dengan melibatkan sejumlah pendonor dari, anggota POLRI, TNI, PNS, masyarakat umur serta siswa sekolah yang telah berumur 17 tahun dengan berat badan lebih dari 45 kg. Kegiatan HAN, secara resmi dibuka langsung oleh Bupati Lobar, H.Zaini Arony.

Ketua LPA Lobar, Dra.Hj.Baiq Eva Nurcahyaningsih melaporkan, tema dari kegiatan HAN tahun 2012 ini adalah, mewujudkan semangat dan kreativitas anak bangsa menuju Lombok Barat ramah anak, dengan tujuan, meningkatkan kepedulian dan peran aktif stake holder dan masyarakat dalam bidang pemenuhan hak-hak anak, pemberian layanan pendidikan dan gizi serta pencegahan kekerasan terhadap anak.

Dilaporkan Eva, peringatan HAN Lobar tahun 2012 ini, diikuti oleh lebih dari 300 orang peserta. Mereka terdiri dari PAUD/TK< siswa SD sederajat, SMP/SMA sederajat, SLB, anak jalanan, Ponpes serta panti asuhan. Selain gelaran seremoni, kata Kepala BKBPP Lobar ini, pihaknya juga menggelara sosialisasi UU Perlindungan Anak dan implementasinya. “Sosialisasi ini diikuti oleh 150 orang peserta”, paparnya seraya menambahkan, peserta ini terdiri dari perwakilan dari SMP/SMA sederajat, Dewan Anak Lobar dengan menghadirkan nara sumber dari P2TP2A (Juminah) dan Diki Harya Pratama, nara sumber dari Dewan Anak Lobar.

Lebih rinci dilaporkan Eva, kegiatan HAN tahun 2012 ini, merupakan apresiasi dari gelaran Temu Anak Nasional yang digelar di Batam beberapa waktu lalu. Dalam kegiatan tersebut, Lobar mengirimkan 4 wakilnya untuk mengikuti kompetisi Temu Anak nasional. Ke 4 perwakilan tersebut masing-masing, Desi Windayani (SMA 1 Narmada), Zulhan Mindriawan (SMA 1 Narmada), Baiq Nindia Aulia (SMA 1 Gerung) dan Wahyu (SMA 2 Gerung). Namun yang beruntung mewakili NTB adalah Zulhan Mindriawan untuk hadir pada Temu Anak Nasional di Batam.

Ada yang mengharukan pada gelaran HAN 2012 ini, dimana pada awalnya, pembacaan ayat suci al-quran digemakan oleh seorang anak kelas 2 SDN Batu Kute-Narmada. Sosok anak cerdas ini bernama Fauqal A’la yang melantunkan syair al-quran tanpa membacanya. Rasa haru ini tidak saja dirasakan bupati, melainkan seluruh hadirin peserta HAN. Tidak hanya itu, penampilan seorang anak cerdas lainnya juga tampil membacakan puisi berjudul Iqra. “Anak ini peraih juara dua lomba baca puisi tingkat nasional” pungkas salah seorang panitia HAN. (L.Pangkat Ali)

www.lombokbaratkab.go.id
Powered by Diskominfotik Kabupaten Lombok Barat
Jl. Soekarno - Hatta, Giri Menang - Gerung, Telp (0370) 6183001 (Hunting), Fax. 6183006 Kode Pos 83363
Email : diskominfo@lombokbaratkab.go.id