MPLIK Sasar Sekolah dan Dusun

MATARAM-Pemkab Lombok Barat melalui Dishubkominfo memberikan kemudahan bagi masyarakat luas untuk menikmati akses tehnologi melalui layanan mobile internet. Salah satu caranya, menyediakan Mobil Penyedia Layanan Internet Kecamatan (MPLIK). Saat ini Pemkab memiliki lima MPLIK yang akan menyasar sekolah dan pelosok/dusun terpencil. Untuk menyukseskan program tersebut, kemarin dilakukan sosialisasi dan edukasi publik program Kewajiban Pelayanan Umum/ Universal Service Obligation (KPU/USO)di Hotel Lombok Raya, Mataram.

Untuk diketahui, KPU/USO meliputi program Desa Berdering, Penyedia Pusat Layanan Internet Kecamatan (PLIK) atau Mobil Penyedia Layanan Internet Kecamatan (MPLIK), Jasa Layanan Akses Internet Kabupaten (JALIN-Kabupaten), dan incentive (PLIK-Sentra Produktif).

Kegiatan tersebut diikuti ratusan peserta yang merupakan utusan dinas instansi terkait, Camat, kepala desa, siswa SMP-SMA serta perwakilan dari sejumlah kabupaten. Hadir juga Fatimah Dahlan, perwakilan kominfo yang juga pengurus BP3TI, Sekda Lobar HM Uzair, dan Kadishubkominfo Lobar M Djunaidi.”Sosialisasi ini bertujuan untuk memberitahukan masyarakat tentang teknologi internet”,kata Fatimah Dahlan.

Menurutnya, secara nasioanal, program ini telah dijalankan di sekitar 600 kabupaten/kota dan ribuan desa di seluruh Indonesia, termasuk di Lombok Barat.” Kita berharap program ini bermanfaat bagi masyarakat”,katanya.

Di tempat yang sama, Kadishubkominfo Lobar M Djunaidi mengatakan, pihaknya telah menyiapkan lima MPLIK yang siap mendatangi sekolah-sekolah maupun masyarakat yang tinggal dipelosok pedesaan untuk belajar internet. “Sejauh ini, MPLIK sudah menyasar beberapa sekolah dan dusun, namun karena jumlahnya terbatas, kami menjadwalkan sekolah atau pelosok mana yang akan dilayani”,katanya. Ditambahkan, antusias pelajar dan masyarakat untuk mengetahui internet sangat tinggi. Terbukti makin banyak yang minta untuk didatangkan MPLIK.

Ditanya peluang para siswa atau masyarakat untuk menyalahgunakan internet atau membuka situs-situs terlarang, Djunaidi mengatakan, hal tersebut sudah bisa diantisipasi.”Situs-situs yang berbau pornografi sudah ditutup”,katanya. Selain itu, saat memberikan pelayanan, tim Dishubkominfo juga menjelaskan tentang manfaat internet serta hal-hal yang dilarang.

Sementara itu, Bupati Lobar Zaini Arony dalam sambutan yang dibacakan Sekda Lobar HM Uzair mengatakan, program MPLIK yang diluncurkan Kementerian Kominfo bertujuan untuk memperluas serta mempermudah masyarakat terutama di pelosok-pelosok agar dapat menikmati akses teknologi melalui layanan mobile internet.

Sumber Lombok Post- Rabu, 31 Oktober 2012.

www.lombokbaratkab.go.id
Powered by Diskominfotik Kabupaten Lombok Barat
Jl. Soekarno - Hatta, Giri Menang - Gerung, Telp (0370) 6183001 (Hunting), Fax. 6183006 Kode Pos 83363
Email : diskominfo@lombokbaratkab.go.id