PERINGATAN HARI LAHIRNYA PANCASILA DILAKSANAKAN DENGAN CARA VIRTUAL

 Giri Menang,Diskominfotik; Setiap tanggal 1 Juni telah ditetapkan oleh Pemerintah sebagai hari lahirnya Pancasila. Pancasila yang merupakan Dasar Negara Republik Indonesia ini telah melalui proses yang panjang sehingga akhirnya Pancasila ini dapat diterima sebagai Dasar Negara kita.
Hari Selasa tanggal 1 Juni 2021, Kabupaten Lombok Barat kembali memperingati Hari lahirnya Pancasila secara virtual di ruangan Umar Maya Kantor Bupati Lobar, yang dihadiri oleh Sekretaris Daerah Lombok Barat DR H.BAEHAQI M.Pd, Ketua DPRD Kabupaten Lombok Barat,Wakapolres Lombok Barat, Kodim Lombok Barat,Para Asissten, Para Kepala OPD Lingkup Pemda Lombok Barat.
Acara ini berlangsung tertib dan hidmat walaupun dilaksanakan dengan cara virtual karena masih dalam susana Pandemik covid19.
Peringatan Hari Lahirnya Pancasila kali mengambil Tema “Pancasila dalam tindakan menuju Indonesia bersatu untuk tangguh”.
Peringatan ini dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia.

Presiden Jokowi dalam sambutannya menyampaikan: Pancasila Harus Jadi Pondasi Perkembangan Teknologi

Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo menegaskan bahwa dalam memperingati Hari Lahir Pancasila harus benar-benar dimanfaatkan untuk mengokohkan nilai-nilai Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Terutama menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang mempengaruhi kontestasi ideologi.
Menurut Presiden Jokowi, revolusi industri 4.0 telah menyediakan berbagai kemudahan dalam berdialog, berinteraksi dan berorganisasi bahkan dalam skala besar yaitu lintas negara. Menghadapi semua ini perlu wawasan dan pendalaman nilai-nilai pancasila. Tidak bisa dilakukan dengan cara-cara yang biasa diperlukan cara baru yang luar biasa.
“Kita harus memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terutama revolusi industri 4.0 saat ini. Pancasila harus menjadi pondasi dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berke-Indonesia-an,” ungkapnya saat menyampaikan pidato upacara memperingati Hari Lahir Pancasila yang digelar secara virtual di Gedung Pancasila Jakarta, Selasa (01/06).

“Saya mengajak seluruh aparat Pemerintahan, toga, toma, para pendidik, kaum profesional dan kaum milenial dan seluruh masyarakat Indonesia untuk bersatu padu dan bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai pancasila dalam mewujudkan Indonesia maju yang kita cita-citakan,” tuturnya.
[13.11, 1/6/2021] Halid Fauzi: ×

www.lombokbaratkab.go.id
Powered by Diskominfotik Kabupaten Lombok Barat
Jl. Soekarno - Hatta, Giri Menang - Gerung, Telp (0370) 6183001 (Hunting), Fax. 6183006 Kode Pos 83363
Email : diskominfo@lombokbaratkab.go.id