SKPD Lobar mengikuti Bimtek SIP-PPID

Giri Menang – Sebanyak 10 orang pegawai dari 4 SKPD yang ada di Lombok Barat (Lobar) mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) tentang Sistem Informasi Publik-Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (SIP-PPID) pada hari Rabu (15/10) di Ruang Umar Maye Kantor Bupati Lobar.
Bimtek yang terselenggara berkat kerjasama PPID Lobar dengan AIPD (Australia Indonesia Partnership for Decentralisaation) bertujuan agar informasi yang sampai kepada masyarakat baik yang sudah tersedia maupun yang diminta oleh masyarakat bisa diakses secara cepat, tepat dan efisien. Cepat artinya tidak membutuhkan waktu lama dibanding dengan cara konvensional yaitu meminta langsung data, informasi maupun dokumentasi ke masing-masing SKPD.
Namun dengan SIP-PPID ini yang bisa diakses melalui website PPID masing-masing SKPD maka masayarakat pemohon informasi bisa lebih cepat mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Selain itu juga, informasi yang didapatkan tepat.
“Tepat di sini artinya tepat sasaran, tujuan kemana, dokumennya apa, jelas,” ujar Ferry Noviandi, narasumber Bimtek ini. Selain itu, permintaan informasi dari masyarakat juga bisa lebih efisien.
“Efisien artinya selama ini kan direspon secara manual (permintaan informasi), dari 7 hari hingga 30 hari, pemohon informasi selama ini selalu datang, tapi sekarang pemohon cukup melakukan akses melalui website, tidak perlu lagi bersentuhan dengan SKPD,” tambah Ferry.
Sebagaimana diketahui, Provinsi NTB di masa Gubernur HM. Zainul Majdi merupakan Provinsi pertama yang membentuk dan menerapkan SIP-PPID dan Lombok Barat merupakan kabupaten yang ke-9 yang menggunakan SIP-PPID.
“Lombok Barat sudah ada PPID, masyarakat mulai tertarik untuk mengetahui informasi, dengan sistem informasi publik akan memudahan pelayanan ke masyarakat,” ujar Ferry.
PPID, dikatakan Ferry,bisa berbasis web (web based) untuk jaringan yang internet yang baik bisa juga dengan Hibrid untuk jaringan internet yang kurang kurang baik baru kemudian dilakukan sinkronisasi setelah ada internet. Dijelaskan, bila dokumen yang diminta tidak ada dalam SIP maka bisa diminta melalui kolom informasi. Setiap pemohon yang download dokumen harus mengisi identitas diri.
Materi yang diajarkan di antaranya cara meng-install SIP-PPID, cara memasukkan data, cara meminta informasi, dan lain-lain.
Empat SKPD yang mengikuti Bimtek sehari ini yaitu Bagian Humas, Bagian PDE, Bappeda, dan Dishubkominfo Lobar serta perwakilan dari Kabupaten Lombok Utara (KLU). Selain Ferry Noviandi dan Iwan Gunawan selaku narasumber (pemateri), acara ini juga ditutori PPID Lobar serta PPID Provinsi NTB. (Muhammad Busyairi-Humas)

www.lombokbaratkab.go.id
Powered by Diskominfotik Kabupaten Lombok Barat
Jl. Soekarno - Hatta, Giri Menang - Gerung, Telp (0370) 6183001 (Hunting), Fax. 6183006 Kode Pos 83363
Email : diskominfo@lombokbaratkab.go.id