Turunkan Stunting, Pj Bupati Lobar Perintahkan Semua OPD Sigap

Gerung, Diskominfotik. Menindaklanjuti pesan Menteri Dalam Negeri yang disampaikan oleh Pj Gubernur NTB H.Lalu Gita Aryadi beberapa waktu lalu, Pj Bupati Lobar H. Ilham langsung bergerak cepat. Semua Kepala OPD yang tergabung dalam Tim Percepatan Penurunan Stuting (TPPS) Kabupaten Lombok Barat dikumpulkan di Ruang Rapat Jayengrane, Kantor Bupati Lobar, Selasa 30 April 2024. Hadir dalam. Kegiatan ini Pj Bupati Lobar H. ilham, Pj Ketua TPP PKK Lobar Hj. Erni Zuhara, Kepala OPD, camat dan sejumlah kepala Desa.

Dalam arahannya H. Ilham menyampaikan bahwa penurunan angka stunting merupakan program nasional yang harus didukung penuh oleh semua daerah di Indonesia. Hal ini tertuang langsung dalam uraian tugas surat keputusan menteri dalam negeri. Karenanya ia meminta semua OPD untuk bergerak dan sigap dalam menurunkan angka stunting di Lobar. “Ini menjadi tugas penting kita semua agar stunting di Lobar dapat terus menurun atau berada dibawah target nasional. Kami minta semua sigap dan tanggap dalam melaksanakan program penurunan stunting,” ujarnya.

Pj Bupati Lobar yang pernah menjadi Inspektur Lombok Barat ini menekankan agar semua yang tergabung dalam TPPS dapat memperhatikan berbagai aspek dalam melaksanakan program. Salah satunya adalah aspek administrasi dan bukti bukti fisik. Hal ini diperlukan sebagai bukti nyata dan konkret upaya Pemda dalam menurunkan stunting. Ia juga meminta agar OPD memberikan laporan update tentang langkah dan upaya penurunan stunting. “Saya minta kerjasama dan kolaborasi semua pihak dalam upaya penurunan stunting ini tentu dengan tetap memperhatikan indikator kerja daerah” ujarnya.

Sementara itu kepala DP2KBP3A H. Ramdhan Heryanto mengatakan bahwa posisi stunting Lobar saat ini berada pads angka 11,08 persen. Hal ini telah mengalami penurunan dari tahun sebelumnya. Ia mengatakan target daerah stunting bisa berada di angka satu digit di tahun 2024. Hal ini sebagai upaya nyata pemkab lobar dalam mendukung upaya Pemerintah menurunkan angka stunting hingga 14 persen di tahun 2024. “Kita bergerak bersama dengan kolaborasi dan sigap untuk menurunkan stunting hingga satu digit sesuai dengan yang telah kita targetkan” ujarnya.

Rapat koordinasi stunting ini berjalan lancar. Masing masing OPD memberikan pemaparan terhadap berbagai program penurunan stunting yang telah dan akan dilaksanakan. Lombok Barat Sigap merupakan jargon dalam membangun Lombok Barat. Sigap sendiri adalah akronim dari Sinergi, Inovatif, Gigih, Amanah dan Profesional. Pj. Bupati Lobar berharap dengan jargon ini pelayanan di Lobar dan pembangunan di Lobar dapat berjalan efektif dan cepat. (Diskominfotik/ria/angga)

www.lombokbaratkab.go.id
Powered by Diskominfotik Kabupaten Lombok Barat
Jl. Soekarno - Hatta, Giri Menang - Gerung, Telp (0370) 6183001 (Hunting), Fax. 6183006 Kode Pos 83363
Email : diskominfo@lombokbaratkab.go.id