Wagub NTB Safari Ramadhan Di Kediri Paket Bantuan Mengucur Ke Lobar

Tim Safari Ramadhan Pemprov NTB dipimpin Wagub HM. Amin, SH, M.Si  didampingi Sekda NTB, HM. Nur SH, MH, para Asisten Setdaprov. NTB, para Kepala SKPD Pemprop NTB menggelar Safari Ramadhan putaran kedua di Masjid Jamiq Baiturrahman, Kediri, Jumat malam (26/6).

Selain diterima panitia pembangunan masjid setempat, tim juga diterima langsung Plt. Bupati Lobar H. Fauzan Khalid, S.Ag, M.Si, Sekda Lobar HM Uzair, para Asisten Setda Lobar dan para Kepala SKPD se Lombok Barat. Begitu pula turut hadir Hj. Samsiah Amin selaku Ketua GOW NTB, Ketua GOW Lobar Hj. Khairatun Fazan Khalid dan Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Lobar, Ny. Hj. Bq. Alwani Uzair. Selain itu Ketua Panitia Pembangunan Masjid Jamiq Baiturrahim Kediri TGH. Mjuchlis Ibrahim, M.Si dan TGH Safwan Hakim dan tokoh agama tokohmasyarakat juga menerima safari ramadhan Pemprop NTB.

Plt. Bupati Lobar, H. Fauzan Khalid dalam kata-kata penerimaannya menyatakan terima kasihnya atas perhatian dan kepedulian Pemprop NTB yang melakukan safari ramadhan di Lombok Barat. “Kami atas nama pemerintah dan masyarakat Lobar berharap dengan kunjungan ini akan membawa berkah bagi kemajuan Lombok Barat khususnya dan NTB pada umumnya dalam pelaksanaan pembangunan, social dan kemasyarakatan dan kesejahteraan bagi masyarakat,” kata Fauzan mengungkapkan terima kasihnya.

Fauzan menyebut, Kediri terlanjur melekat stigma sebagai kota santri dengan parameter yang tercermin dalam karakteristik sosio cultural kemasyarakatannya. Seperti ketertiban, kenyamanan, keamanan, kebersihan dan pola hubungan social kemasyarakatannya. Namun di lain sisi, sebutan kota santri masih jauh dari slogan yang sesungguhnya diharapkan utamanya di ketertiban jalan raya yang begitu ramai padat dan tidak teratur. “Namun demikian Pemkab. Lobar tetap berkomitmen untuk tetap menata Kediri agar sebutan kota santri sesuai dengan harapan pemerintah dan masyarakat Kediri itu sendiri,” tukas Fauzan.

Penataan Kediri menjadi yang lebih baik tentu harus bersinergi dan mendapat dukungan penuh dari berbagai elemen masyarakat, utamanya dukungan dan intervensi anggaran dari Pemprop NTB dalam menata jalan raya di Kediri ini. Karena bagaimanapun juga jalan raya Kediri merupakan jalan propinsi yang harus tetap mendapat dukungan penuh dari Pemprov NTB. “Pemkab Lobar berkeyakinan Pemprov NTB menjadi pendorong guna mencapai kemajuan yang diinginkan bersama. Karena itulah dengan silaturrahmi seperti safari ramadhan Pemprov NTB ke Lobar, akan mendatangkan berkah kemajuan yang lebih baik dan paripurna pada masa-masa yang akan datang,” jelas Fauzan Khalid.

Wagub NTB, HM. Amin menyatakan, Tim Safari Ramadhan Pemprov NTB secara rutin turun ke berbagai kabupaten/kota se-NTB untuk melakukan silaturrahmi guna menyerap aspirasi dan masukan strategis dari masyarakat terkait dengan pelaksanaan pembangunan, sosial kemasyarakatan di NTB. “Pembangunan dilakukan secara bertahab dengan melihat scala perioritas. Karena kemampuan anggaran yang masih sangat terbatas, sehingga tkidak bisa dilaksanakan sekaligus.,” kata Wagub.

Wagub juga mengharapkan masyarakat dalam menyampaikan aspirasinya hendaknya dilakukan secara tertib, santun beretika dan menghindari tindakan-tindakan anarkis. Agar tercipta rasa aman bagi masyarakat. “Disinilah peran para Tuan Guru, tokoh agama, tokoh masyarakat dan seluruh elemen masyarakat lainnya untuk sama-sama menjaga ketertiban, kesejukan dan kedamaian di tengah-tengah masyarakat,” harap Wagub.

Pada kesempatan itu Wagub atas nama Pemprop NTB menyerahkan sejumlah sumbangan dan bantuan bagi masyarakat  Lombok Barat. Diantaranya sumbangan bagi pembangunan Masjid Jamiq Baiturrahman, Kediri senilai Rp. 15 juta, sumbangan 100 buah kain sarung bagi masyarakat Dusun Sedayu, Kediri,  bantuan bibit kelapa genjah, bibit jambu mete dan cengkeh masing-masing 100 bibit bagi masyarakat Sedayu, Kediri.

Di bidang pertanian diberikan bantuan pupuk bagi masyarakat Sedayu bagi lahan seluas 140 ha. Berikutnya bantuan pada lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) orang dengan kecatatan (ODK) sebanyak 10 LKS ODK senilai Rp. 185. 400.000. Bantuan subsidi tambahan pemenuhan kebutuhan dasar bagi 20 orang korban penyalahgunaan NAPZA melalui LKS NAPZA Lobar senilai Rp. 21 juta.

Bantuan lainnya berupa bantuan operasional Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga Berbasis Masyarakat (LK3-BM) Handayani sebesar Rp. 10 juta. Bantuan alat operasional bencana pada Dinas Sosial Tenaga Kerja Transmigrasi Lobar berupa 1 unit kendaraan/mobil operasional dapur umum lapangan dan 1 unit perahu karet. Bantuan pada Kelompok Tani Ternak Selen Aik senilai Rp. 336.900.000.

Sementara itu dari TP. PKK Provinsi diberikan bantuan pada Lembaga Kesejahteran Sosial Anak (LKSA) terlantar dalam dan luar panti sebanyak 4 LKSA senilai Rp. 258 juta. Bantuan hibah barang berupa peralatan catering pada kelompok usaha catering dan kue Aninda Desa Kediri Selatan. Bantuan pemberian makanan tambahan (PMT) ibu hamil kurang energi kronis  (KEK) bagi 84 ibu hamil masing masing 756 kg. Dann penyerahan santunan pada 50 eks TKI di Lobar berupa tabungan dengan total bantuan Rp. 150 juta masing-masing penerima berjumlah Rp. 3 juta. (her-mi-di-humas)

www.lombokbaratkab.go.id
Powered by Diskominfotik Kabupaten Lombok Barat
Jl. Soekarno - Hatta, Giri Menang - Gerung, Telp (0370) 6183001 (Hunting), Fax. 6183006 Kode Pos 83363
Email : diskominfo@lombokbaratkab.go.id