Warga Kekeringan, BPBD Bantu Air Bersih

Giri Menang, Selasa 12 September 2017 – Kekeringan yang melanda warga masyarakat di saat musim kemarau panjang ini, membuat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lombok Barat cekatan untuk segera menyalurkan bantuan air bersih.

Untuk memenuhi kebutuhan air bersih khususnya di wilayah parah kekeringan seperti wilayah Kecamatan Sekotong, Lembar dan Kuripan, BPBD Kab. Lobar bekerjasama dengan Dinas Sosial, Dinas Damkar, PDAM Giri Menang, Polres Lobar, serta BPBD Propinsi NTB menyalurkan air bersih di 11 Desa di wilayah Kab. Lobar sejak 4 September lalu dan terus menerus sampai hari ini, Selasa (12/9).

Saat ini penyaluran dilakukan di tiga titik di Desa Giri Sasak Kecamatan Kuripan, tepatnya di Dusun Buntage, Lendang Sedi dan Tanah Putih. Ratusan warga dengan aneka ember dan jerigen, mengantri untuk memperoleh jatah air layak konsumsi itu.

Kepala Sub Bidang Logistik pada Bidang Kedaruratan Tohri yang di hubungi via telp menjelaskan, hingga saat ini pihaknya sudah mendistribusikan air bersih sejak tanggal 4 September lalu untuk 11 Desa, yakni seperti hari ini di Desa Giri Sasak, dan kemaren di Desa Banyu Urip, Kuripan Selatan, Giri Tembesi, Labuan Tereng, Eyat Mayang, Jembatan Gantung, Cendi Manik, Batulayar Barat, Senggigi, dan Bukit Tinggi.

“Penyaluran berdasarkan kemampuan DPA BPBD yaitu 90 kali pendistribusian untuk desa-desa yang dianggap tingkat kerawanan air bersihnya parah,” tambahnya.

Selain pendistribusian air bersih, BPBD juga terus berusaha mencarikan solusi lain yang lebih jangka panjang, yaitu membangun sumur Bor melaui bantuan BPBD Provinsi NTB di Desa Sekotong Tengah dan Desa Bengkaung Batulayar.

“Mudah mudahan bantuan yang diberikan pemerintah dapat membantu masyarakat Lombok Barat,” kata Tohri.

Marsoan warga Lendang Sedi yang juga mendapat bantuan air bersih merasa bersyukur.
Begitu juga dengan Sarahman dan Arman, warga asli Dusun Buntage merasa bahagia mendapat air bersih. “Ini baru pertama kali kami dapat bantuan dari Pemda,” katanya.

Kedua warga tersebut berharap agar Pemerintah dapat menyalurkan kembali dengan jumlah yang lebih banyak untuk seluruh warganya di Dusun Buntage, Lendang sedi dan Tanah Putih. (dedy/humas)

 

www.lombokbaratkab.go.id
Powered by Diskominfotik Kabupaten Lombok Barat
Jl. Soekarno - Hatta, Giri Menang - Gerung, Telp (0370) 6183001 (Hunting), Fax. 6183006 Kode Pos 83363
Email : diskominfo@lombokbaratkab.go.id