LAMBANG DAERAH KABUPATEN LOMBOK BARAT

lambang

PENJELASAN

  1. PERISAI : Berbentuk segi lima, melambangkan bahwa rakyat dan Pemerintah Lombok Barat telah mempertahankan dan mengamalkan Pancasila dalam usaha tindakan.
  2. CAKRA : Senjata berbentuk bulat mempunyai empat trisula dapat dipakai untuk menangkis dan menyerang dari segala arah, ini melambangkan bahwa seluruh penduduk Lombok Barat dengan semangat persatuan membela kebenaran dan membrantas segala bentuk kebatilan serta senantiasa waspada terhadap segala penyelewengan terutama yang membahayakan.
  3. KUBAH : Melambangkan sifat taqwa mengandung arti bahwa penduduk Lombok Barat pada umumnya berjiwa patuh dn taqwa menjalankan ibadah menurut agamanya masing-masing. Segala tindakan dan usaha dijalankan semat-mata karena ALLAh Tuhan Yang Maha Esa.
  4. AIR: Dilukiskan dengan beriak lima dengan garis-garis putih. Ini melambangkan bahwa Lombok Barat kaya dengan mata air, sehingga sebagian besar daerah ini merupakan daerah pertanian yang subur. Sedangkan garis putih melambangkan keterangan dan ketentraman jiwa penduduknya dalam menunaikan tugas kewajiban sehingga stabilitas sosial politik dan ekonomi selalu dapat segera tercapai.
  5. BUNGA TANJUNG (TERATAI): Melambangkan keluhuran budi dan tahan uji sebagaimana sifat teratai yang tetap tumbuh pada air besar dan kecil bahkan lumpur, sekaligus bunganya akan tetap menjulang ke atas.
  6. BINTANG : Melambangkan Ketuhanan Yang Maha Esa (Nurcahaya).
  7. Tulisan LOMBOK BARAT dibagian atas yakni Kabupaten Lombok Barat.
  8. Tulisan PATUT PATUH PATJU artinya :
    • PATUT : Baik, Terpuji, hal yang tidak berlebih-lebihan.
    • PATUH : Rukun, Damai, Toleransi, Harga mengahargai.
    • PATJU : Rajin, Giat Tak mengenal putus asa

 

Foto Kegiatan

sekda-001 wakil-bupati-001 bupati-001 _DSC0500 _DSC0474 _DSC0457 _DSC0456 _DSC0453

Profil Lombok Barat

Agenda Bupati