DIRGAHAYU KE - 56 KABUPATEN LOMBOK BARAT, 17 APRIL 1958 - 17 APRIL 2014. "UNTUKMU LOMBOK BARATKU"

Visi & Misi

VISI DAN MISI KABUPATEN LOMBOK BARAT 2010-2014

V I S I

Visi merupakan cita-cita dan citra yang ingin dicapai. Visi dan misi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Lombok Barat Tahun 2010-2014 dari Kepala Daerah terpilih adalah merupakan RPJMD tahap ke – 2 (dua) dari Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Lombok Barat 2005 – 2025 seperti yang tertuang dalam Perda Kabupaten Lombok Barat Nomor 10 Tahun 2008 (Seri E Nomor 10 Tahun 2008), dengan visi yaitu : “Lombok Barat Religius, Sejahtera dan Mandiri“.

Dilain pihak RPJPD Kabupaten Lombok Barat 2005 – 2025 tersebut juga menjadi bagian yang tak terpisahkan dari Rencana Pembanganunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) yang telah ditetapkan dalam UU Nomor 17 Tahun 2007 tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional.

Selain itu Visi Kabupaten Lombok Barat juga tidak terlepas dari keinginan Pemerintah Kabupaten Lombok Barat untuk melaksanakan berbagai program dalam rangka pencapaian “Millenium Development Goals (MDG’s)” yang merupakan kesepakatan para pemimpin dunia hingga tahun 2015 untuk berupaya :
1. Menghapuskan kemiskinan dan kelaparan.
2. Menyediakan pelayanan pendidikan dasar secara universal.
3. Mendorong kesetaraan gender dan memberdayakan perempuan.
4. Mengurangi angka kematian anak.
5. Meningkatkan kesehatan ibu.
6. Memerangi HIV/AIDS.
7. Memastikan keberlanjutan lingkungan hidup.
8. Mengembangkan kemitraan global untuk pembangunan

Sehingga, dengan mempertimbangkan hal – hal tersebut di atas dan berbagai permasalahan yang sedang dihadapi serta mempertimbangkan berbagai aspirasi dan kehendak para pemangku kepentingan, maka ditetapkan Visi Pembangunan Kabupaten Lombok Barat periode 2010 – 2014 adalah “Terwujudnya Masyarakat Lombok Barat yang Maju, Mandiri dan Bermartabat Dengan Dilandasi Nilai-nilai Patut Patuh Patju“.

Visi Pembangunan Kabupaten Lombok Barat periode 2010-2014 tersebut, memiliki makna :

  1. Masyarakat Kabupaten Lombok Barat, yakni seluruh masyarakat Kabupaten Lombok Barat yang ada di wilayah Kabupaten Lombok Barat.
  2. Kata Maju, mengandung arti mempunyai kualitas dan kemampuan untuk berprestasi dan berdayasaing, sehingga masyarakat Kabupaten Lombok Barat dapat sejajar atau bahkan lebih tinggi dari daerah lain, ditandai dengan meningkatnya kualitas hidup dan tercukupi segala kebutuhan kehidupan masyarakatnya.
  3. Kata Maju, mengandung arti mempunyai kualitas dan kemampuan untuk berprestasi dan berdayasaing, sehingga masyarakat Kabupaten Lombok Barat dapat sejajar atau bahkan lebih tinggi dari daerah lain, ditandai dengan meningkatnya kualitas hidup dan tercukupi segala kebutuhan kehidupan masyarakatnya.
  4. Kata Maju, mengandung arti mempunyai kualitas dan kemampuan untuk berprestasi dan berdayasaing, sehingga masyarakat Kabupaten Lombok Barat dapat sejajar atau bahkan lebih tinggi dari daerah lain, ditandai dengan meningkatnya kualitas hidup dan tercukupi segala kebutuhan kehidupan masyarakatnya.
  5. Kata Bermartabat, mengandung arti harkat atau harga diri, yang menunjukkan eksistensi atau identitas (jati diri) masyarakat Lombok Barat yang dapat dijadikan teladan karena ketakwaanya, kemakmuran, kebersihan, ketertiban, ketaatan, keamanan, dan berkeadilan. Jadi, masyarakat bermartabat adalah masyarakat yang memiliki harga diri, kehormatan, keadilan dan harkat kemanusiaan.
  6. Dilandasi Nilai – Nilai Patut Patuh Patju, mengandung arti perwujudan masyarakat Kabupaten Lombok Barat yang mempunyai nilai – nilai : (1) baik, terpuji hal yang tidak berlebih lebihan, (2) rukun, damai, toleransi, harga menghargai dan (3) rajin, giat, tak mengenal putus asa

Secara diagramatis penjabaran kata kunci visi dan keterkaitan nilai didalamnya dapat digambarkan pada skema dibawah ini.

 

Penjabaran Visi Lombok Barat

Visi ini dijabarkan lebih lanjut kedalam misi yang akan menjadi tanggungjawab seluruhkomponen masyarakat Kabupaten Lombok Barat meliputi aparatur Pemerintah Daerah, Dewan Perwakilan Daerah, organisasi politik, organisasi social kemasyarakatan, lembaga swadaya masyarakat, organisasi profesi, lembaga pendidikan, dunia usaha, tokoh agama dan tokoh masyarakat untuk mewujudkan cita-cita masa depan.

Pada periode pemerintahan sebelumnya Visi yang tertuang didalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Lombok Barat Tahun 2006-2009 adalah “Akselerasi (Percepatan) Peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) sebagai Pilar Kemajuan Pembangunan Kabupaten Lombok Barat Tahun 2009 Dalam rangka mewujudkan cita – cita dan citra daripada visi tersebut ditetapkan misi, antara lain :

1. Peningkatan Kesejahteraan Kelompok Masyarakat yang Berpenghasilan Rendah;
2. Peningkatan Kualitas dan Produktivitas Sumberdaya Manusia Lombok Barat;
3. Pemanfaatan Potensi Sumberdaya Alam Dalam Rangka Peningkatan Pendapatan Asli Daerah;
4. Peningkatan Kinerja Pemerintah Daerah;
5. Pemantapan Kinerja Pemerintah Daerah; dan
6. Peningkatan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat.

M I S I

Misi adalah merupakan upaya dalam rangka meraih visi atau cita-cita dan citra yang hendak dicapai. Misi pembangunan daerah Kabupaten Lombok Barat tahun 2010 – 2014 adalah sebagai berikut :

Mengembangkan Masyarakat Lombok Barat yang ber-akhlakul karimah, berbudaya, dan demokratis
Misi ini merupakan upaya pemerintah Kabupaten Lombok Barat dalam menjaga dan meningkatkan masyakat yang berakhlak mulis, bermoral dan beretika untuk menjadi manusia yang berkepribadian Pancasila dan berwatak luhur yang memiliki ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa serta sikap mental, moral dan budi pekerti yang luhur.

Kondisi ini juga didukung oleh responsifitas terhadap penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga tercipta suasana kehidupan yang penuh toleransi, tenggang rasa dan harmonis serta demokratis.

Meningkatkan optimalisasi pelayanan pendidikan dan kesehatan secara berkeadilan, berkualitas dan berkesinambungan

Misi ini merupakan upaya dalam memberikan akselerasi yang optimal terhadap pelayanan pendidikan dan kesehatan masyarakat Kabupaten Lombok Barat yang berpegang pada proinsip berkeadilan, berkualitas dan berkesinambungan. Sehingga dengan demikian diharapkanterciptanya sumberdaya manusia Lombok Barat yang sehat, cerdas, produktif, dan kompetitif sebagai agen perubahan ( agent of change ) untuk masa yang akan datang.

Mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi wilayah yang berbasis pada sumberdaya lokal, pengembangan investasi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat sesuai dengan prinsip pembangunan berkelanjutan

Misi ini merupakan upaya dalam mencapai tujuan pembangunan Kabupaten Lombok Barat dalam menciptakan kesejahteraan masyarakat dan pengurangan disparitas pendapatan dengan pertumbuhan ekonomi yang stabil dan berkelanjutan yang berbasis pada potensi sumberdaya lokal wilayah, mempunyai daya saing dan mampu sejajar dengan daerah lain sehingga dapat meningkatkan kebanggaan dan kepercayaan diri masyarakatnya.

Mempercepat pemerataan pembangunan infrastruktur wilayah melalui keseimbangan penataan ruang dan adaptabilitas perubahan lingkungan hidup.

Misi ini menitik beratkan pada pemerataan dan pembangunan fisik dan infrastruk-tur strategis yang mengacu pada keseimbangan penataan ruang wilayah dan adapta-bilitas pengelolaan terhadap perubahan lingkungan sehingga dapat memberikan keseimbangan pada ekosistem secara menyeluruh.

Memantapkan penegakan supremasi hukum, penyelenggaraan pemerintahan yang bersih, dan peningkatan pastisipasi aktif masyarakat

Misi ini merupakan upaya Pemerintah Kabupaten Lombok Barat untuk terus menjaga cita-cita mulia yang memerlukan dukungan dari seluruh komponen masyarakat dalam pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan yang mengedapankan partisipasi, transparansi, responsibilitas, berorientasi pada konsensum bersama, adil, efektif, efisien, akuntabel dan penegakan supremasi hukum untuk menciptakan keamanan dan ketertib-an masyarakat serta kehidupan masyarakat yang demokratis.

Penegakan supremasi hukum dilakukan untuk menjaga norma/kaidah hukum dalam masyarakat serta mempertahankan nilai-nilai sosial rasa keadilan masyarakat.

 

M I S I

Misi adalah merupakan upaya dalam rangka meraih visi atau cita-cita dan citra yang hendak dicapai. Misi pembangunan daerah Kabupaten Lombok Barat tahun 2009 – 2014 adalah sebagai berikut :

  1. Membangunan masyarakat Lombok Barat yang ber-akhlakul karimah, berbudaya, dan demokratis

Misi ini merupakan upaya pemerintah Kabupaten Lombok Barat dalam menjaga dan meningkatkan masyakat yang berakhlak mulis, bermoral dan beretika untuk menjadi manusia yang berkepribadian Pancasila dan berwatak luhur yang memiliki ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa serta sikap mental, moral dan budi pekerti yang luhur.

Kondisi ini juga didukung oleh responsifitas terhadap penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga tercipta suasana kehidupan yang penuh toleransi, tenggang rasa dan harmonis serta demokratis.

  1. Meningkatkan optimalisasi pelayanan pendidikan dan kesehatan secara berkeadilan, berkualitas dan berkesinambungan

Misi ini merupakan upaya dalam memberikan akselerasi yang optimal terhadap pelayanan pendidikan dan kesehatan masyarakat Kabupaten Lombok Barat yang berpegang pada proinsip berkeadilan, berkualitas dan berkesinambungan. Sehingga dengan demikian diharapkanterciptanya sumberdaya manusia Lombok Barat yang sehat, cerdas, produktif, dan kompetitif sebagai agen perubahan ( agent of change ) untuk masa yang akan datang.

  1. Mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi wilayah yang berbasis pada sumberdaya lokal, pengembangan investasi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat sesuai dengan prinsip pembangunan berkelanjutan

Misi ini merupakan upaya dalam mencapai tujuan pembangunan Kabupaten Lombok Barat dalam menciptakan kesejahteraan masyarakat dan pengurangan disparitas pendapatan dengan pertumbuhan ekonomi yang stabil dan berkelanjutan yang berbasis pada potensi sumberdaya lokal wilayah, mempunyai daya saing dan mampu sejajar dengan daerah lain sehingga dapat meningkatkan kebanggaan dan kepercayaan diri masyarakatnya.

  1. Mempercepat pemerataan pembangunan infrastruktur wilayah melalui keseimbangan penataan ruang dan adaptabilitas perubahan lingkungan hidup.

Misi ini menitik beratkan pada pemerataan dan pembangunan fisik dan infrastruk-tur strategis yang mengacu pada keseimbangan penataan ruang wilayah dan adapta-bilitas pengelolaan terhadap perubahan lingkungan sehingga dapat memberikan keseimbangan pada ekosistem secara menyeluruh.

  1. Memantapkan penegakan supremasi hukum, penyelenggaraan pemerintahan yang bersih, dan peningkatan pastisipasi aktif masyarakat

Misi ini merupakan upaya Pemerintah Kabupaten Lombok Barat untuk terus menjaga cita-cita mulia yang memerlukan dukungan dari seluruh komponen masyarakat dalam pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan yang mengedapankan partisipasi, transparansi, responsibilitas, berorientasi pada konsensum bersama, adil, efektif, efisien, akuntabel dan penegakan supremasi hukum untuk menciptakan keamanan dan ketertib-an masyarakat serta kehidupan masyarakat yang demokratis.

Penegakan supremasi hukum dilakukan untuk menjaga norma/kaidah hukum dalam masyarakat serta mempertahankan nilai-nilai sosial rasa keadilan masyarakat.

Pencarian Kehalaman Ini:

Wakil Bupati Lombok Barat
Profil Lombok Barat
SMS CENTER (0877 17 04 1958)
SMS Dari 081907XXXXX

Kepada bapak bupati Lombok Barat yang kami hormati. Saya ingin bertanya, apakah ditaman kota yang baru ini akan diadakan free hotspot. Karena akan berdampak fositip bagi kami para remaja Lobar. sekian trima kasih, dan mohon di pertimbangkan…
Jawaban:

Alhamdulilah ditaman Kota tersedia fasilitas free hotspot dan diharapkan dalam penggunaanya dapat bermanfaat serta berdampak positif. Terima kasih


Dari 0878653XXXXX

Lobar luar biasa terhadap pemekaran desa, tapi pengawasan terhadap kades dan BPD harus kontinyu dilakukan, menurut Bapak apa itu sudah maksimal dan bagaimana mekanismenya?

Jawab :

Berdasarkan peraturan daerah tahun  2011 saat ini telah ada 30 desa yang ditetapkan dari desa persiapan. Sampai saat ini desa tersebut telah memiliki perangkat desa baik kepala desa dan BPD. Sebagai bentuk pendampingan oleh pemerintah daerah telah dibentuk tim kordinasi  pembinaan bagi desa-desa definitif tingkat kabupaten  yang baru dibentuk. Tim  tersebut melibatkan sejumlah SKPD sehingga diharapkan terdapat keterkaitan program yang dimiliki SKPD dengan program yang direncanakan oleh Desa-Desa difinitif. Selanjutnya diharapkan kedepanya akan ada sinergisitas dan singkronisasi sehingga desa-desa baru tersebut dapat bergerak lebih cepat dan sistematis.

Tim tersebut juga ditugaskan oleh bupati untuk memecahkan persolan yang timbul dan mengkordinasikan dengan dengan instansi terkait. Melaksanakan pembinaan, monitoring dan evaluasi juga menjadi tugas tim.

Sebagai konsekwensi dari pemekaran desa, diperkirakan akan banyak permasalahan yang timbul seperti pembagian kekayaan/asset desa, batas wilayah, data kependudukan, persiapan pemilihan kepala desa dan lain-lain. Diharapkan semua persolaan tersebut dapat diseslesaikan secara baik dan sistematis oleh tim.

Selain itu perangkat peraturan perundang-undangan yang kita miliki sudah cukup untuk mengantisipasi semua persolan yang akan dihadapi oleh Desa-desa baru baik dari Peraturan Pemerintah, Permendagri maupun Perda yang dimiliki oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Barat.


SMS dari 0813140XXXXX

ijin bertnya pak/ibu, sya ingin menanyakan sumber dari halaman link ini: http://lombokbaratkab.go.id/sekilas-lobar/gambaran-umum/iklim-hydrologi/, pada tulisan ini terdapat tabel Topografi Lombok Barat 2010,tpi kok isi nya rata-rata iklim bulanan, terus sumbernya kok BPS, bukan Stasiun Meteorologi Selaparang?
NB: kalo masalah iklim bisa bisa di minta informasi di Stasiun Klimatologi Kediri-NTB,dan kalau mslh cuaca terkini bisa mnt di Stasiun Meteorologi Selaparang.
Terima Kasih atas kesempatan yang diberikan, wassalam….
sbg tmbhan pak ini ada alamat url Klimatologi Kediri-NTB: http://staklimkediri-ntb.net/home Meteorologi

Jawaban : Berkaitan dengan kiriman melalui webmail  dari bapak Hamdan, berikut kami jelaskan bahwa terjadi kesalahan judul tabel yang seharusnya Iklim dan Hidrologi. Data tersebut kami terima / sadur dari buku Lombok Barat Dalam Angka tahun 2010 yang dikeluarkan oleh BPS Lombok Barat. Terima Kasih atas informasinya


SMS dari 0819331XXXXX

mohon data penduduk sekabupaten lombok barat perkecamatan dipublikasikan jg lewat web ini untuk kepentingan banyak kalangan terutama untuk kepentingan akademisi. terimakasih

Jawaban : Data tersebut telah ada, silakan buka / download di Lombok Barat Dalam Angka ( http://www.lombokbaratkab.go.id/angka/ )


SMS dari 0857169*****

Selamat siang bapak/ibu..Saya dari inspektorat kab. Bekasi jawa barat. Ingin menanyakan nomor telp inspektorat kab. Lombok barat atau yg bisa dihubungi lainnya.. Terima kasih bapak/ibu

Jawaban : Nomer Telp. Kantor inspektorat : (0370) 681030, Informasi dari kantor Inspektorat bahwa Inspektorat bisa melayani tamu setelah bulan April 2012 dikarenakan mempersiapkan HUT Lombok Barat, RKPD dll. Terima Kasih


Arsip SMS
HUT LOBAR KE 56
dsc_0478 dsc_0463 dsc_0433 dsc_0402 dsc_0764 dsc_0703 dsc_0610 dsc_0340 dsc_0315 sekda-hm-uzair-menerima-bendera-pataka-lobar-dari-kasat-pol-pp-i-nengah-sugiartha-setelah-rombongan-kirab-tiba-di-finis-bencingah-agung-kantor-bupati-lobar bupati-zaini-dan-hadirin-bertepuk-tangan-untuk-para-peserta-kirab para-peserta-kirab-pataka-roda-dua-berjalan-pelan-saat-pelepasan bupati-zaini-melepas-kirab-pataka-hut-lobar-ke-562 suasana-pelepasan-kirab-pataka hadiah-hut-ke-56-lobar-pdam-pasang-8-000-sambungan-air-minum-gratis
Mars Lombok Barat
Archives


www.lombokbaratkab.go.id
Powered by Pengolah Data Eelektronik Setda Lombok Barat
Jln Soekarno Hatta Giri Menang - Gerung
Telp / Fax. (0370) 681311, 681673 Kode Pos 83363