Idul Qurban 1435 (2)Sebanyak 31 ekor sapi dan 50 ekor kambing berhasil dihimpun PHBI Kabupaten Lombok Barat pada pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 10 Julhijjah 1435 H, bertepatan dengan Minggu, 5 Oktober 2014 yang dilaksanakan di Bencingah Agung Kantor Bupati Lombok Barat. Pada kesempatan tersebut hadir Bupati Lombok Barat, DR. H. Zaini Arony, Sekretaris Daerah HM. Uzair, tiga orang Asisten, para Kepala SKPD, Kepala Badan, Kantor dan jamaah shalat Idul Adha di sekitar kompleks kantor Bupati Lombok Barat.

Idul Qurban 1435 (1)Bertindak selaku khatib pada shalat Idul Adha tersebut, TGH. Subki Sasaki dan Imam dipercayakan kepada TGH. Fathul Azis Mustafa (Pengasuh Ponpes Al-Azijiyah Kapek, Gunungsari). Selanjutnya selesai pelaksanaan Shalat Idul Adha, Bupati Lobar menyerahkan secara simbolis hewan-hewan qurban kepada yang berhak menerima dan diterima langsung oleh pengurus lembaga/yayasan yang mewakili lembaga/yayasan tersebut se Lombok Barat.

Idul Qurban 1435 (5)Pada kesempatan itu juga Bupati, didampingi Muspida, Sekda dan Kepala SKPD menyaksikan penyembelihan hewan qurban yang untuk selanjutnya dibagikan ke masyarakat tidak mampu (Fakir miskin) yang tinggal di seputar kompleks kantor Bupati Lombok Barat.

Idul Qurban 1435 (3)Asisten I Pemerintahan dan Kesra, DR. H.MS. Udin menjelaskan, dari sejumlah hewan qurban yang disumbangkan tersebut, diantaranya berasal dari seluruh jajaran SKPD se-Lombok Barat, perusahaan swasta seperti dari PT. Persada Sokatama yang menyumbang 22 ekor kambing dan dari Islamic Relief Australia memberikan sumbangan sebanyak 17 ekor sapi. Hewan-hewan qurban tersebut selain dipotong di kantor Bupati, juga di distribusikan ke sejumlah lembaga/Ponpes, Panti Asuhan, PHBI masjid-masjid se-Lombok Barat, yayasan dan lainnya.

Idul Qurban 1435 (4)HMS. Udin berharap agar pada tahun-tahun berikutnya masyarakat tidak hanya menerima sumbangan hewan qurban, namun juga bisa memberikan sumbangan qurban kepada yang berhak menerimanya. Karena member sumbangan itu jauh lebih mulia dari menerima sumbangan. “masyarakat penerima daging qurban sebelumnua dibagikan kupon yang digunakannya untuk mengambil daging qurna ke panitia. Panitia sendiri menyebarkan sekitar 500 kupun untuk masyarakat di sekitar kompleks kantor Bupati Lobar,” kata Kabag Kesra Setdakab. Lobar Maksum SPd selaku koordinator pembagian hewan qurban. (her)