Studi Banding Pemkab. Bandung Barat dipimpin Bupatinya, Drs. H. Abubakar, M.Si terkait system pemerintahan dan pelaksanaan Pemilukada demokratisasi dan perkembangan pembangunan lainnya dilakukan Selasa (1-5-2012) diterima langsung Bupati Lombok Barat, Dr. H. Zaini Arony, M.Pd di Aula kantor Bupati Lombok Barat Giri Menang, Gerung. Turut mendampingi acara penerimaan Sekda Lobar, Drs. HM. Uzair, para Asisten lingkup Pemkab. Lobar, Kepala Dinas Pendapatan dan Keuangan Daerah, Kadis Pariwisata, Kadis Duklcapil Lombok Barat, Ketua KPU Lombok Barat beserta jajarannya.Kunker Bupati Bandung Barat diserta Ketua Tim Penggerak PKK Bandung Barat, Ketua KPU Bandung Barat beserta jajarannya, anggota Komisi I DPRD bandung Barat dan sejumlah rombongan eksekutif Bandung Barat.

Bupati Lombok Barat, Dr. H. Zaini Arony, M.Pd menyambut gembira kedatangan Bupati Bandung Barat bersama rombongan yang telah memberikan kepercayaan kepada kabupaten Lombok Barat sebagai tempat kunjungan kerjanya. Menurut Bupati dalam kata penerimaannya, Lombok barat merupakan salah satu daerah otonom di daerah Nusa Tenggara Barat yang sebelumnya terdiri dari tiga wilayah administrative yakni kota Mataram yang telah resmi menjadi Kodya Mataram dan terakhir  Kabupaten Lombok Utara yang sejak tahun 2008 resmi menjadi kabupaten baru. 

Lombok Barat, jelas Bupati yang juga ketua DPD I Golkar NTB ini merupakan icon pengembangan pariwisata di NTB, dengan terkenalnya kawasan wisata Senggigi sebagai Daerah Tujuan Wisata utama dan merupakan sumber penerimaan PAD terbesar dari sektor pariwisata hotel dan restoran. Demikian juga pengembangan destinasi-destinasi baru di Lobar ini akan dikembangkan ke wilayah selatan tepatnya di kawasan wisata sekotong. Di kawasan ini Bupati Zaini Arony mengkalaim khususnya kawasan pantai Bangko-Bangko sebagai kawasan ombak terbaik kedua sedunia setelah wisata Hawai untuk wisata selancar.

Lobar juga dikatakan Bupati merupakan kawasan strategis sebagai tempat pintu masuk daerah NTB karena memiliki Pelabuhan Laut Pelabuhan Lembar dan merupakan jalur strategis dari dan menuju Bandara Internasional Lombok.

Sementara Bupati Bandung Selatan Drs. H. Abubakar, M.Si menjelaskan, Bandung Barat merupakan daerah otonomi baru diantara 26 daerah otonomi lainnya di propinsi Jawa Barat. Terdiri dari 16 Kecamatan dengan penduduk sebanyak 1,6 juta jiwa. Dalam waktu dekat ini Bandung Barat akan menggelar pesta demokrasi Pemilukada 2013. Untuk kitu kadatangannya ke Lombok Barat ingin belajar banyak dan menimba pengalaman terkait dengan system penyelenggaraan pemilukada di Lombok Barat.

Kunker Bupati Bandung Barat ini diakhiri dengan penyerahan cendramata baik dari Bupati Bandung Barat ke Bupati Lombok Barat ataupun sebaliknya Bupati Lombok Barat ke Bupati Bandung Barat. Serta penyerahan cendramata yang sama juga dilakukan oleh Ketua KPU Lombok Barat dan Ketua KPU Bandung Selatan. (Hernawardi/Dedi, S/Emi/)