Gerung, Diskominfotik – Lomba Pemberian Makanan Tambahan (PMT) bagi bayi dan balita tingkat kabupaten Lombok Barat, yang diadakan oleh tim penggerak PKK Lobar, Rabu, (17/11/2021).

Giat yang berpusat di Aula kantor Bupati Lobar dihadiri oleh ketua PKK Lobar, Ny. Hj. Khaeratun Fauzan Khalid, Asisten I Setda Lobar Agus Gunawan, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Lobar, Hj, Nurhikmah Baehaqi.

Tercatat sekitar 33 kelompok peserta lomba yang turut hadir mewakili Kecamatan dan Desa masing-masing, dengan membawa hasil olahan makanan yang dikemas dengan sedemikian rupa untuk menarik hati para juri, apapun kriteria masakan yang memang cocok diperuntukkan sebagai PMT untuk bayi dan balita, yakni karbohidrat, Protein, dan sayur-sayuran.

Tujuan kegiatan ini digelar untuk mengoptimalkan pelayanan posyandu keluarga, mempererat tali silaturahim antar PKK lobar, dalam hal ini juga ketua PKK menyampaiakan bahwa PMT ini adalah salah satu program PKK untuk menunjang gizi serta kualitas makanan yang di konsumsi oleh sasaran, yaitu, ibu hamil, bayi yang sudah MPASI, serta balita yang berusia dibawah 5 tahun, dengan berbasis Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) dan ini juga termasuk indicator untuk mengurangi stunting.

Ia juga meminta kepada tim penggerak PKK agar lebih meningkatkan mutu, pelayanan posyandu-posyandu yang ada di Lobar, serta mendorong agar tercapai harapan Pemda yaitu sinergitas dan berinovasi, ia juga berharap dari kegitan ini supaya lebih bermanfaat bagi seluruh masyarakat Lobar agar tercapai harapan-harapan tersebut, yakni menurunkan angka stunting.

Dari 33 peserta yang mengikuti gelaran ini, Posyandu Desa Lembuak Kecamatan Narmada dinobatkan sebagai juara pertama pada lomba tersebut, kemudian Desa Bajur Kecamatan Labuapi, meraih juara dua, dan Desa Empol Kecamatan Sekotong sebagai juara tiga.

Dikesempatan yang sama Asisten I Setda Lobar Agus Gunawan yang mewakili Bupati Lobar juga menyampaikan terimakasi dan mengapresiasi atas antusis daripada peserta, ia meminta agar para peserta tetap semangat dalam mendukung program pemerintah untuk menurunkan angka stunting melalui PMT yang bergizi dan berkualitas baik dikonsumsi, oleh bayi dan balita, “bukan persoalan kalah atau menang yang hadir disini semuanya terbaik”ungkapnya. (Diskominfotik/Angga/Windi)