Giri Menang, Diskominfotik – Rapat Koordinasi Pengamanan MotoGP 2022 dilaksanakan di ruang Jayengrane. Kamis, (10/2/2022).

Rapat yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah H. Baehaqi dihadiri oleh,
Kapolres Lobar AKBP Wirasto Adi Nugroho, Dandim 1606/Mataram diwakili Pabung Lobar Mayor Inf Muaz Zulfikli , Asisten I Drs Agus Gunawan, Asisten lll H. Ilham, Danlanal Mataram diwakili Pasops/Dadenpomal, Dikes Prov. NTB diwakili Kabid Yankes Sdri Nina , Perwakilan dinas perhubungan Prov. NTB, Kasat Pol PP Bq. Yeni S. Ekawati, Dishub Lobar H. Muh Najib Perwakilan Dikes Lobar, KKP Mataram H. Herman, PT. Pelindo Lembar Baharudin, KSOP Lembar Pradikdo, dan Camat Lembar Agus Sutrisman.

Dalam penyampaian Sekda yang intinya di dalam rapat koordinasi. ini hal
yang bersifat substantif dalam perhelatan MOTOR GP pematangan pemutahiran data sehingga sebagai lobar menjadi tuan rumah Pintu masuk MotorGP terutama di bidang pengamanan dan pelayanan.

Kapolres Lombok Barat AKBP Wirasto Adi Nugroho S.I.K menjelaskan bahwa,
Pelabuhan Lembar itu merupakan pintu masuk nantinya para penonton MotoGP yang nantinya mungkin dimanfaatkan jalur laut untuk menyaksikan MotoGP Interan dari pulau-pulau sekitar Sumbawa dan Bali yang tidak kebagian Hotel mereka akan menginap di Bali mungkin dan mereka akan melakukan perjalanan menggunakan kapal itu pintu masuknya di Pelabuhan Lembar.

“Terminal kedaro juga yang menjadi atensi kita nantinya kemudian ada juga Pelabuhan Gili Mas itu nanti di samping juga ada pintu masuk rencananya nanti akan ada kapal-kapal yang ber sandal yang akan ditempatkan atau disediakan untuk penginapan yaitu Kapal Kelud sama Kapal Sinabung yang muatannya sekitar sampai 4.000 orang dan menginap di situ Itu yang disiapkan pemerintah nantinya seandainya Banyak masyarakat kita yang tidak tertampung oleh hotel-hotel ataupun penginapan-penginapan ataupun homestay yang ada di siapkan di pelabuhan Gili Mas itu wilayahnya di tempat kita.” Terangnya

Penumpang di Bali menggunakan jetski turunnya di pelabuhan Senggigi juga bisa kita monitor untuk ini kemudian pintu masuk kita dari Lombok Utara jalur darat masyarakat kita yang dari Lombok Utara yang ingin menyaksikan MotoGP juga melalui Apa nama jalan darat yang nantinya akan kita lakukan pengamanan rute maupun jalur yang dilewati dari Lombok Utara sampai ke Senggigi Mandalika nantinya.

“Beberapa persoalan ditambah lagi yang saya lihat nanti berkaitan dengan trevelbabel ini perlu rekan-rekan ketahui bahwa di wilayah kita ada satu hotel yang digunakan untuk nantinya untuk karantina bagi kru maupun official daripada MotoGP yaitu di Hotel Sheraton di Batu Layar itu dia menggunakan skema Trevel babel Artinya bahwa rumusan official ini tidak boleh kemana-mana mereka tidak boleh ke mall tidak boleh cari makan di luar mereka khusus berinteraksi di wilayah hotel tersebut ini yang menjadi persoalan tentunya”.

Kepala ASDP Cab. Lembar menyampaikan bahwa, saat ini di lintas Lembar Padangbai itu ada 26 Armada yang melayani Lembar dan yang melayani Padangbai pulang-pergi dan ada 6 Armada yang melayani Lembar dan Ketapang pulang pergi dan pola operasionalnya saat ini ada dalam kondisi normal atau dalam kondisi lenggang, kondisi normal rata-rata penumpang per hari kalau kapasitas atau jumlah kursi yang kita siapkan sekitar 400 untuk kendaraan dan 4200 orang, apabila nantinya pada saat pelaksanaan MotoGP ada peningkatan penumpang kami akan siapkan 48 trip.

GM Pelindo III Lembar Baharudin menjelaskan bahwa, secara personal bahwa kami ada dua terminal di Pelabuhan Lembar dan di terminal Gilimas sebagai informasi awal saya sampaikan dulu existing saat ini kami di Pelabuhan Lembar telah melayani operasional kapal ro-ro yang dari Surabaya kurang lebih 4 unit yang dioperasikan baik swasta maupun oleh Pelni.

“Sedangkan di Pelabuhan Gilimas saat ini kami melayani penyeberangan Gili mas -Banyuwangi disana ada 1-2 kali dalam sehari dengan muatan Logistik, di sana juga nanti ada 2 kapal Pelni yang di jadikan Hotel terapung dan barusan juga ada informasi ada kapal dari Benoa akan bersandar di pelabuhan Gilimas.” Tutupnya (Diskominfo/Bid.ikp)