Mataram, Diskominfotik – Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid melepas secara langsung 18 orang peserta jambore Nasional Kontingen Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Lombok Barat tahun 2022. Kegiatan yang dilaksanakan Rabu (10/08/2022) di Lesehan Taliwang Nada ini dihadiri oleh Bupati Lombok Barat yang juga penasihat kwarcab Pramuka H. Fauzan Khalid, Ketua Kwarcab Pramuka Lombok Barat M. Hendrayadi, Kepala OPD dan anggota pramuka.

Dalam sambutannya Bupati Fauzan memberikan motivasi kepada kontingen Lombok Barat yang berjumlah 18 orang. Bupati mengatakan bahwa dengan bekerja sama dan berkolaborasi dalam melaksanakan tugas, akan semakin cepat dan mudah untuk diselesaikan. Ia juga mengatakan bahwa kontingan Lombok Barat diharapkan dapat memberikan yang terbaik dalam jambore nasional yang diselenggarakan di Cibubur Jawa Barat. “Berikan yang terbaik dalam Jambore Nasional agar nama daerah tetap harum. Saya yakin dengan semangat kedisplinan yang tinggi adek adek mampu untuk memberikan yang terbaik dan mari kita doakan bersama agar para peserta tetao diberikan kesehatan dan kelancaran” ujarnya.

Bupati Dua periode yang berhasil membangun gedung RSUD yang megah ini juga mengatakan agar semangat patriotisme dan nasionalisme harus terus dipupuk oleh generasi muda saat ini. Menurutnya semangat patriotisme dan nasionalisme ini menjadi kekuatan penting dalam melangsungkan pembangunan. Sebab dengan semangat tersebut diharapkan generasi muda dapat memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara khususnya para peserta atau kontingen Lobar di jambore nasional. “Mari kita terus gaungman semangat patriotisme dan nasionalisme dalam kehidupan kita. Agar dapat memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara” ujarnya.

Sementara itu ketua Kwarcab pramuka Lombok Barat Drs.M.Hendrayadi melaporkan bahwa pembukaan jambore nasional dilaksanakan pada tanggal 14 Agustus 2022 di cibubur Jawa Barat. Sedangkan pelepasan dilakukan di kantor graha bakti praja kantor Gubernur NTB. Ia mengatakan dari seleksi yang dilakukan berhasil menjaring 16 orang yang terdiri dari 8 peserta perempuan dan 8 peserta laki laki serta 2 orang pendamping. “Jambore nasional rutin dilaksanakan oleh gerakan Pramuka yang berjenjang seperti jambore ranting,baik di daerah maupun di nasional yang jumlah kuota peserta ditentukan oleh pusat yaitu Lombok Barat mendapatkan kuota 16 orang yang merupakan hasil seleksi dari jambore cabang di 10 kecamatan se kabupaten Lombok barat yang terdiri dari 8 orang putra dan 8 orang putri”jelasnya.

M Hendrayadi mengatakan bahwa Pemerintah Daerah terus berupaya dan mendorong semua peserta jambore nasional agar memiliki semangat nasionalismr dan patriotisme dalam menjalankan kegiatan. Hal ini juga diharapkan dapat menambah wawasan kebangsaan menjadi semakin kuat.
Jambore Nasional ke Xl 2022 yang merupakan kegiatan edukatif spesial di masa pandemi Covid-19 yang dilaksanakan di Buperta Cibubur pada tanggal 14 sampai dengan 21 Agustus 2022.

(Diskominfotik/Ria/Indra)