Lembar, Diskominfotik. Pj. Bupati Lombok Barat (Lobar), H. Ilham bersama Pj Ketua PKK Lobar Hj Erni Zuhara mendampingi kunjungan kerja Pj Gubernur NTB Hasanudin dan Pj Ketua PKK Propinsi NTB ke SMKN 1 Lembar, Sabtu, 3 Agustus 2024. Kunjungan Pj Gubernur NTB ini untuk menghadiri kegitan Rapat Koordinasi Kepala SMA/SMK/SLB, Koordinator Pengawas, Koordinator Tata Usaha Se Pulau Lombok di SMKN 1 Lembar. Turut Hadir dalam kegiatan ini Kepala dinas Dikbud NTB, Kepala OPD NTB, Kepala OPD Lombok Barat, Praktisi Pendidikan Direktorat SMK Kemendikristek RI serta Kepala Sekolah, Kasubbag TU dan Siswa Siswi SMA/SMK/SLB se Pulau Lombok.


Pj Bupati Lombok Barat H. Ilhm dalam sambutannya menyampaikan Lombok Barat menjadikan sektor pendidikan dan kesehatan sebagai prioritas pembangunan. Hal ini sebagai upaya Lombok Barat untuk terus meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang saat ini berada di posisi 4 agar dapat berads di posisi 3. Karenanya Pemkab Lombok Barat terus bersinergi dan berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk meningkatkan IPM Lobar. “Kami terus membangun sinergi dan kolaborasi karena ini adalah kunci sukses pembangunan,”katanya.

Ilham menjelaskan saat ini IPM kabupaten Lombok barat berada diurutan ke empat diprovinsi NTB setelah kota mataram, kota bima dan Sumbawa barat. Sementara rata-rata lama sekolah di Kabupaten Lombok Barat saat ini masih diposisi angka 6,89 %. Sedangkan harapan lama sekolah saat ini berada pada posisi 13,94% atau tertinggi diantara Kabupaten di NTB. “Ini adalah capaian pembangunan di sektor pendidikan yang bisa kami laksanakan di Kabupaten Lombok Barat. Sebelum keweangan sma smk dilimpahkan ke Provinsi, pemerintah kabupaten Lombok Barat membangun dengan prioritas satu kecamatan harus ada satu smk, sampai dengan sebelum dialihkan kewenangan kepada provinsi, terdapat beberapa kecamatan yang memiliki dua smk, yang salah satunya di kecamatan lembar ini yang memiliki dua SMK”ujarnya.

Sementara itu Pj. Gubernur NTB Hasanudin dalam sambutannya menyampaikan saat ini tantangan zaman semakin kompleks dan beragam sehingga menuntut semua pihak untuk cepat beradaptasi. Selain itu ia juga meminta semua pihak untuk tidak berhenti berinovasi dan mencari terobosan baru dalam dunia pendidikan agar tidak ketinggalan zaman. Menurutnya konsep pengembangan pendidikan ini merupakan modal dan investasi daerah untuk generasi penerus bangsa. “Pendidikan merupakan kunci utama dalam mewujudkan generasi penerus bangsa yang cerdas kreatif dan berkarekter. Sehingga kita semua harus memperhatikan pendidikan dengan maksimal” ujarnya.


Dalam kesempatan ini juga Pj Gubernur menyampaikan salah satu keunggulan aktifitas dari SMKN 1 Lembar adalah budidaya udang. Hal ini menurutnya sangat produktif dan positif. Menurutnya hal ini bisa dikembangkan dan ditiru oleh SMK-SMK yang lain agar memiliki keunggulan sesuai dengan kondisi tipologi dan kearifan lokal yang dimiliki. Iya menyamapaikan dari informasi yang diperoleh SMK ini sudah bekerjasama dengan industri dan bina usaha- bina usaha yang ada sehingga sudah siap dan panen perdananya akan mencangkup sekitar 2,5 ton udang. “Ini tentu cukup produktif dan tentu kami bangga dengan hal ini”ujarnya.


(Diskominfotik/Angge/Fery/Husni)