Gerung, Diskominfotik. Badan Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Lombok Barat kembali menyalurkan bantuan kepada masyarakat Lombok Barat senilai satu miliar lebih. Kegiatan ini dilaksanakan di Bencingah Agung Kantor Bupati Lombok Barat, Rabu, 21 Agustus 2024. Hadir dalam kegiatan penyaluran bantuan ini

Pj Bupati Lombok Barat H. Ilham, Pj Sekda H. Fauzan Husniadi, Pj. Ketua PKK Lobar, Para Asisten, Ketua dan komisioner Basnaz Lobar, para Kepala OPD, Owner Sukma Rasa, serta undangan Lainnya.

Dalam sambutannya Pj. Bupati H. Ilham mengapresiasi langkah baznas Lombok Barat yang telah menyalurkan bantuan kepada masyarakat selama ini. Ia mengatakan Baznas Lobar sejak bulan Januari hingga agustus tahun 2024 telah menyalurkan bantuan sebanyak kurang lebih lima miliar rupiah. Hal ini tentunya sangat membantu pemerintah daerah dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan, kesehatan dan mengurangi kemiskinan ekstrim di Lobar. “Pemerintah Daerah menyampaikan terima kasih kepada mitra pemerintah salah satunya Baznas yang telah membantu masyarakat Lobar di berbagai sektor dan bidang. Hal ini tentu sangat membantu kami dalam melaksanakan pembangunan ditengah keterbatasan fiskal yang kami miliki” ujarnya.

 

  Ilham juga menyampaikan bahwa Baznas sebagai mitra pemerintah daerah memiliki peran penting dan signifikan dalam mengentaskan kemiskinan. Ia mengatakan program Mahyani (Rumah Layak Huni) yang dilaksanakan baznas sejauh ini sangat membantu pemerintah. Selain itu program beasiswa untuk mahasiswa S1 dan S2 dari Baznas menjadi daya ungkit yang baik dalam meningkatkan kualitas sdm dan pendidikan di Lobar. Demikian juga dengan program bantuan biaya kesehatan bagi masyarakat Lobar yang dirawat di rumah sakit tentu menjadi program yang sangat membantu pemerintah dalam bidang kesehatan. “Berbagi langkah dan program baznas ini sangat membantu kami dalam upaya meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia di Lobar. Karena kesehatan dan pendidikan menjadi kunci penting dalam meningkatkan IPM Lobar” tegasnya.

Dalam kesempatan ini Pj Bupati juga berterima kasih kepada semua pihak yang telah berzakat melalui baznas lobar. Ia mengatakan bahwa tahun ini baznas lobar memiliki target zakat sebesar 10 miliar. Hal ini membutuhkan dukungan dari berbagai pihak agar target baznas dapat tercapai.

Sementara itu Ketua Baznas Lobar TGH Muhammad Taisir Al Azhar menyampaikan bahwa hingga bulan agustus 2024 Baznas Lobar telah menyalurkan bantuan kurang lebih lima miliar rupiah. Bantuan tersebut tersebar dalam. Beberapa program seperti bantuan beasiswa pendidikan, bantuan biaya kesehatan, bantuan rumah layak huni, bantuan bagi masyarakat tidak mampu dan bantuan lainnya. Bantuan yang disalurkan tersebut diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat Lobar. Selain itu ia juga berharap agar bantuan tersebut dapat mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat Lobar. “Tentu kami sebagai mitra pemerintah turut serta membantu pemerintah dalam mengurangi kemiskinan ekstrim dan mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat Lobar” ujarnya.

Dalam kesempatan ini TGH Taisir juga menyampaikan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah menyalurkan zakat, infaq dan sedekah melalui Baznas Lobar. Ia berharap kedepannya semakin banyak yang menyalurkan zakat melalui baznas lobar sehingga jangkauan bantuan dan jumlah masyarakat yang dibantu bisa semakin banyak. Hal ini sebagai wujud nyata dan partisipasi Baznas dalam membangun Lombok Barat. “Kami berharap agar semakin banyak yang berzakat melalui Baznas Lobar sehingga semakin banyak masyarakat lobar yang bisa kami jangkau melalui berbagai program bantuan yang bermanfaat bagi masyarakat” Harapnya.

Kegiatan penyaluran bantuan hari ini dikemas dalam rangka merayakan HUT Republik Indonesia ke 79. Adapun tema yang digunakan oleh Baznas seluruh Indonesia adalah Mustahik Merdeka. Hal ini sebagai spirit dalam upaya mensejahterakan masyarakat. Adapun bantuan yang diberikan pada kegiatan hari ini sebesar 1 miliar lebih yang tersebar pada beberapa program bantuan. (Diskominfotik/Zul/Husni)