Launching itu ditandai dengan penyerahan plakat oleh Menteri Pariwisata RI Arif Yahya kpd tiga Bupati, termasuk Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid. Penyerahan plakat MCSTO bersama Universitas Mataram memberikan nilai tersendiri buat Bupati Lombok Barat. Bupati berpendapat bahwa penetapan Lombok Barat sebagai STO akan memotivasi pengembangan wisata Lombok Barat dengan mengembangkan destinasi-destinasi baru selain Senggigi. Wilayah lain seperti Sekotong, Narmada dan Lingsar adalah wilayah yang harus dikembangkan. STO ini membuat pengembngan wisata di Lobar berbasis alamiah dan pemberdayaan masyarakat.
Oleh karena itu sekaligus untuk promosi daerah Lombok Barat, Bupati mengunjungi tiga media besar nasional yaitu Tempo, Republika dan detik.com dengan tujuan agar media-media nasional lebih peduli terhadap pariwisata di Lombok Barat.