Mou Satu Data Desa Indonesia, Bupati Sumiatun: Lombok Barat Selalu Menjadi Terdepan dan Pelopor

Gerung, Diskominfotik. Pemerintah Kabupaten Lombok Barat bersama Badan Pusat Statistik Kab Lombok Barat kembali membuat terobosan baru. Kali ini Pemda Lobar dan BPS melakukan program satu data desa indonesia. Hal tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Pemda Lobar beraama BPS Lobar Tentang Satu Data Desa Indonesia di Lingkungan Kabupaten Lombok Barat. Senin, (22/4/2024) di Ruang Jayengrane Kantor Bupati Lobar.

Hadir dalam kegiatan ini Bupati Lombok Barat Hj Sumiatun, Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Barat H Ilham, Asisten l dan ll setda Lobar, Kepala BPS Kabupaten Lombok Barat, Kepala OPD di lingkup Pemkab Lobar dan Kabag Pemerintahan Setda kab. Lombok Barat.

Bupati Lombok Barat Hj Sumiatun dalam arahannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada BPS yang telah menggagas program ini. Ia mengatakan bahwa Data menjadi instrumen penting dalam pembangunan. Karenanya ia sangat menyambut baik program ini. “Data menjadi sesuatu yang sangat penting dalam pembangunan. Dengan data kita dapat memproyeksi dan merencanakan sesuatu program dengan akurat dan tepat sasaran”ujarnya.

Bupati Perempuan pertama di Pulau Lombok ini menyampaikan bahwa Pemda Lobar sangat mengapresiasi hal ini. Apalagi hal ini merupakan program yang pertama di Kabupaten/Kota di wilayah Nusa Tenggara Barat. Hal ini tentu sangat membanggakan karena Lombok Barat terus menjadi yang terdepan dan pelopor di NTB dalam melaksanakan program program pemerintah. Ia juga meminta kepada semua jajarannya untuk terus memperkuat kolaborasi dan sinergi dalam hal data di Lombok Barat. “Kami aprsiasi program ini dan tentu karena Lombok Barat menjadi yang pertama di NTB kami berterima kasih dan ini adalah salah satu kebanggaan kita bahwa kita terus menjadi yang terdepan di NTB,” ujarnya.

Sementara itu Kepala BPS Lombok Barat Yasinta Ben Katarti, M.Si menyampaikan bahwa program Satu Data Desa Indonesia ini merupakan yang pertama di Kabupaten/Kota di NTB. Hal ini sangat penting karena data menjadi rujukan utama dalam setiap perencanaan pembangunan. Ia juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas perhatian dan kepedulian Bupati Lobar berserta jajarannya terhadap data. Hal ini menurutnya modal penting dalam pembangunan. “Kami apresiasi atas dukungan penuh dari Bupati Lobar beserta jajaran dalam membangun satu data. Program ini merupakan yang pertama di NTB sehingga kami berharap Lombok Barat menjadi pelopor atas satu data desa Indonesia,”ujarnya.

Kegiatan ini kemudian dilanjutkan dengan penandatangan MOU antara Pemda Lobar yang diwakili oleh Bupati dan BPS yanh diwakili oleh Kepala BPS Lombok Barat. Kegiatan ini berjalan dengan baik dan lancar.(Diskominfotik/Anggge/Fiyan)

www.lombokbaratkab.go.id
Powered by Diskominfotik Kabupaten Lombok Barat
Jl. Soekarno - Hatta, Giri Menang - Gerung, Telp (0370) 6183001 (Hunting), Fax. 6183006 Kode Pos 83363
Email : diskominfo@lombokbaratkab.go.id