DIRGAHAYU KE - 56 KABUPATEN LOMBOK BARAT, 17 APRIL 1958 - 17 APRIL 2014. "UNTUKMU LOMBOK BARATKU"

Bupati Ajak Warganya Jaga Keseimbangan Ekosistem Pesisir

Kabupaten Lombok Barat (Lobar) dikenal sebagai ...

Bangunan Ilegal Terancam ’’Dibuldozer”

GIRI MENANG-Bupati Lombok Barat (Lobar) H Zaini ...

Pelayanan Perpustakaan

Berdasarkan pasal 12 Undang-Undang 43 Tahun 2007 ...

Lobar Komitmen Jadi Sentra Kedelai

GIRI MENANG-Pemerintah Kabupaten Lombok Barat ...

8.759 Siswa SMA/Sederajat Ikuti UN

GIRI MENANG-Sebanyak 8.759 siswa sekolah ...

Bupati Lepas Kirab Pataka HUT Lobar ke-56

Giri Menang – Bupati Lombok Barat (Lobar), ...

Forikan Lobar Siap Action

GIRI MENANG-Forum Peningkatan Konsumsi Ikan ...

Tujuh Hotel Segera Dibangun

Izin Lingkungan sedang Diproses GIRI ...

Pendidikan

Berhasil atau tidaknya pembangunan suatu bangsa banyak dipengaruhi oleh tingkat pendidikan penduduknya. Semakin maju pendidikan berarti akan   membawa berbagai pengaruh positif bagi masa depan berbagai bidang kehidupan. Demikian pentingnya peranan pendidikan, tidaklah mengherankan kalau pendidikan senantiasa banyak mendapat perhatian dari pemerintah maupun masyarakat.Pendidikan juga memegang peranan penting dalam pembangunan manusia, karena setiap warganegara memiliki hak untuk mendapatkan pendidikan agar menjadi manusia yang berkuwalitas sehingga memiliki kemampuan untuk memperoleh kehidupan yang layak, ini penting supaya tidak menjadi beban, tetapi menjadi potensi besar bagi pembangunan. Komponen pendidikan diukur dengan dua indikator, yaitu angka melek huruf dan rata-rata lama sekolah, karena dua indikator ini sebagai pengukur tingkat pengetahuan masyarakat, sedangkan tingkat pengetahuan dan ketrampilan diukur dengan rata-rata lama sekolah.

Dalam penyelenggaraan pemerintahan, Dinas Dikpora Kabupaten Lombok Barat hingga akhir Tahun 2011 melayani penyelenggaraan pendidikan baik ; jenjang pra sekolah berupa Pendidikan  Anak Usia Dini (PAUD) sejumlah 113  lembaga, pendidikan dasar terdiri dari Sekolah Dasar sejumlah 346 lembaga dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) sejumlah 51 lembaga yang meliputi Sekolah Pendidikan Dasar Terpadu SD SMP Satu Atap 27 lembaga, dan SMP Terbuka 9 Lembaga, Untuk jenjang pendidikan menengah, Dinas Dikpora melayani penyelenggaraan pendidikan SMA sejumlah 25 lembaga dan SMK sejumlah 26 lembaga.

Operasionalisasi satuan pendidikan di atas di dukung oleh  921 tutor/guru PAUD/TK, 2.590 guru SD, 692 Guru SMP dan  391 Guru SMA dan 228 Guru SMK. Dari angka tersebut, berdasarkan hasil analisis kebutuhan guru dapat dijelaskan bahwa sampai saat ini Kabupaten Lombok Barat masih kekurangan guru sebesar 817 orang untuk SD, 113 SMP, 111 SMA dan 361 orang SMK.  Demikian juga untuk penyediaan fasilitas pembelajaran lainnya masih kurang memadai antara lain : ruang kelas, ruang laboratorium, ruang perpustakaan, ruang serbaguna dan ruang praktek lainnya. Untuk peningkatan mutu juga masih perlu pemenuhan buku, alat peraga dan diklat tenaga pendidik yang sampai saat ini kualifikasinya masih belum sarjana; 53,34 % guru SD, 12,66 % Guru SMP, 6,5 % guru SMA dan 16,4 % guru SMK.

Dalam kerangka pelayanan publik, Dinas Pendidikan Kabupaten Lombok Barat memberikan pelayanan yang meliputi :

BIDANG PAUDNI

1.      IJIN OPERASIONAL MENDIRIKAN TK

Syarat         :

  1. Memiliki tempat/gedung
  2. Ada Guru
  3. Ada Murid
  4. Memiliki Akte Notaris
  5. NPWP
  6. Adanya surat keterangan dari Desa/Camat
  7. Status tempat/gedung jelas
  8. Adanya peralatan Sarana/Prasarana
  9. Adanya Struktur Organisasi
  10. Adanya Foto-foto yang mendukung pelaksanaan kegiatan

Alur  :

  1. Masyarakat/Lembaga/Yayasan ke Dinas Dikbud dengan membawa proposal berisi ketentuan/syarat-syarat
  2. Setelah di visitasi, tinjau lapangan sesuai kelayakan baru ijin dikeluarkan oleh Dinas

Waktu        :

  1. Sejak mengajukan ijin sampai dengan ijin terbit memerlukan waktu ± 1 bulan
  2. Masa berlaku ijin operasional TK tidak terbatas, tergantung kondisi lembaga jika tidak dapat berjalan otomatis ijin di anggap tidak berlaku.

2.     IJIN OPERASIONAL MENDIRIKAN PAUD

Syarat         :

  1. Memiliki Tempat
  2. Memiliki Tenaga Pendidik (tutor) minimal 2 orang
  3. Adanya warga belajar / anak didik minimal 20 orang
  4. Memiliki Akte Notaris
  5. Memiliki NPWP
  6. Surat Keterangan dari Desa dan Camat (Pejabat Berwenang)
  7. Adanya Struktur pengelolaan lembaga
  8. Memiliki foto-foto pendukung kelancaran pelaksanaan kegiatan
  9. Minimal proses kegiatan berjalan selam 6 (enam) bulan

Alur  :

  1. Lembaga masyarakat mengajukan proposal ijin pendirian ke Dinas Dikbud dengan Rekomendasi dari Desa Camat ditujukan kepada Dinas Dikbud
  2. Dinas Dikbud melakukan survey lapangan untuk mengetahui lokasi dan kelayakan adanya layanan Pendidikan Anak Usia Dini
  3. Setelah sesuai dengan criteria maka ijin operasional mendirikan lembaga PAUD dapat diterbitkan dengan SK (Surat Keputusan) Kepala Dinas Dikbud.

Waktu :

  1. Sejak mengajukan ijin sampai dengan ijin dikeluarkan waktu dibutuhkan ± 1 bulan.
  2. Masa berlaku sejak ijin diterbitkan tidak terbatas, namun jika lembaga mengalami permasalahan Hukum, otomatis lembaga dimaksud tidak layak untuk dilanjutkan.

3. RINTISAN TAMAN KANAK-KANAK DAN KB

1. Berjalan minimal 1 tahun dan belum pernah mendapatkan bantuan rintisan sebelumnya

2. Sasaran utama kepada lembaga yang mendukung pelaksanaan PAUD Terpadu, Rintisan TK, yang telah menyelenggarakan Program KB, demikian juga yang menyelenggarakan Program KB yang telah menyelenggarakan Program TK.

3. a.  Ada kepengurusan dan Struktur Lembaga

b. Akte Notaris dan / atau Izin Operasional

c. Memiliki NPWP atas nama Lembaga

d. Memiliki Rekening Bank Pemerintah atas nama lembaga PAUD bukan atas nama Yayasan atau Perorangan

e. Besar Dana Rp. 35.000.000,- (Tiga Puluh Lima Juta Rupiah)

f. Minimal sasaran 25 anak

4) Rincian RAB

a) Tempat Kegiatan Seperti Rak Mainan, Loker, Meja dan Kursi belajar anak, Almari Peralatan Sekretariat 20%

b) APE Luar dan APE Dalam 20%

c) Pembelajaran 40% (dapat digunakan untuk magang, narasumber, proses pembelajaran pemantau/deteksi Tumbuh Kembang dan Kesehatan Anak)

d) Manajement 20%

1)      Berjalan minimal 1 tahun dan belum pernah mendapatkan bantuan rintisan sebelumnya

2)     Sasaran utama kepada lembaga yang mendukung pelaksanaan PAUD Terpadu, Rintisan TK, yang telah menyelenggarakan Program KB, demikian juga yang menyelenggarakan Program KB yang telah menyelenggarakan Program TK.

3)     a.  Ada kepengurusan dan Struktur Lembaga

b. Akte Notaris dan / atau Izin Operasional

c. Memiliki NPWP atas nama Lembaga

d. Memiliki Rekening Bank Pemerintah atas nama lembaga PAUD bukan atas nama Yayasan atau Perorangan

e. Besar Dana Rp. 35.000.000,- (Tiga Puluh Lima Juta Rupiah)

f. Minimal sasaran 25 anak

4)     Rincian RAB

a)     Tempat Kegiatan

Seperti Rak Mainan, Loker, Meja dan Kursi belajar anak, Almari Peralatan Sekretariat 20%

b)     APE Luar dan APE Dalam 20%

c)      Pembelajaran 40% (dapat digunakan untuk magang, narasumber, proses pembelajaran pemantau/deteksi Tumbuh Kembang dan Kesehatan Anak)

d)     Manajement 20%.

 

4.      BANTUAN PEMBINAAN GUGUS PAUD

  1. Sasaran Program adalah gugus yang ada di TK Kecamatan. Dana Pembinaan Gugus disalurkan dan dikoordinasikan melalui “Pusat Kegiatan Gugus” di masing-masing Kecamatan.
  2. Dana Pembinaan Gugus bersifat fasilitasi stimulan untuk mendukung opersional di TK gugus maupun di TK PKG.

Keorganisasian PKG

  1. PKG adalah kumpulan beberapa TK Kecamatan sebagai Refrensentatif gugus yang ada di Wilayah Kecamatan 2) PKG dibentuk oleh UPTD

Syarat

  1. No. Rekening PKG aktif
  2. NPWP
  3. Besar Dana Rp. 8.000.000,- (Delapan Juta Rupiah)

RAB :

a. Kegiatan pembinaan di TK PKG (Pertemuan yang dikoordinasikan PKG, mendatangkan nara sumber, Biaya Operasinal) max 30%

b. Kegiatan di masing-masing gugus max 70%. (pertemuan rutin anggota masing-masing gugus)


5. BANTUAN OPERASIONAL PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (BOP-PAUD)

1. Sasaran program BOP anak usia 0-6 tahun yang terdaftar pada program TK/TPA/KB/SPS.

2. Syarat Administrasi Calon penerima :

a. Rekening Aktif

b. NPWP

c. Memiliki struktur

d. Izin Operasional

e. Minimal anak 15 orang

f. Minimal melaksanakan program 1 tahun

g. Mengisi format data pengajuan BOP yang diajukan ke Dikbud

h. Tidak mendapatkan bantuan apapun di tahun yang sama.

3. Besar dana BOP-PAUD Rp. 240.000,-/anak

4. Peruntukan Dana BOP

a. Penyelenggaraan proses pembelajaran sepeerti bahan habis pakai, buku acuan pendidik, buku bacaan anak, ATK Pemantauan/Deteksi tumbuh kembang anak, kesehatan anak, seperti honor dokter kunjung, alat-alat DDTK, Pembelian obat-obatan ringan, Kotak P3K.

b. Peningkatan gizi atau PMT

c. Transport pendidik/mendukung pertemuan di gugus PAUD

d. Bantuan Biaya masuk dan biaya Administrasi anak.

Great Bantuan / Quota

Jumlah anak 15 - 20 = 15

21 - 34 = 20

35 keatas =25

6. A P E

1. Sasaran

TK, KB, TPA, SPS, POS PAUD.

2. Besarnya Dana Rp. 8.000.000,- (Delapan juta rupiah)

3. Syarat :

a. Memiliki ijin Operasional

b. Rekening Bank

c. NPWP

d. Minimal jalan 2 tahun

e. Jumlah Peserta didik 25 anak

4. RAB

APE Luar = 40%

APE Dalam = 60%

Syarat :

1) Memiliki Tempat

2) Memiliki Tenaga Pendidik (tutor) minimal 2 orang

3) Adanya warga belajar / anak didik minimal 20 orang

4) Memiliki Akte Notaris

5) Memiliki NPWP

6) Surat Keterangan dari Desa dan Camat (Pejabat Berwenang)

7) Adanya Struktur pengelolaan lembaga

8) Memiliki foto-foto pendukung kelancaran pelaksanaan kegiatan

9) Minimal proses kegiatan berjalan selam 6 (enam) bulan

Alur :

1) Lembaga masyarakat mengajukan proposal ijin pendirian ke Dinas Dikbud dengan Rekomendasi dari Desa Camat ditujukan kepada Dinas Dikbud

2) Dinas Dikbud melakukan survey lapangan untuk mengetahui lokasi dan kelayakan adanya layanan Pendidikan Anak Usia Dini

3) Setelah sesuai dengan criteria maka ijin operasional mendirikan lembaga PAUD dapat diterbitkan dengan SK (Surat Keputusan) Kepala Dinas Dikbud.

Waktu :

1) Sejak mengajukan ijin sampai dengan ijin dikeluarkan waktu dibutuhkan ± 1 bulan.

2) Masa berlaku sejak ijin diterbitkan tidak terbatas, namun jika lembaga mengalami permasalahan Hukum, otomatis lembaga dimaksud tidak layak untuk dilanjutkan.

Pencarian Kehalaman Ini:

Wakil Bupati Lombok Barat
Profil Lombok Barat
SMS CENTER (0877 17 04 1958)
SMS Dari 081907XXXXX

Kepada bapak bupati Lombok Barat yang kami hormati. Saya ingin bertanya, apakah ditaman kota yang baru ini akan diadakan free hotspot. Karena akan berdampak fositip bagi kami para remaja Lobar. sekian trima kasih, dan mohon di pertimbangkan…
Jawaban:

Alhamdulilah ditaman Kota tersedia fasilitas free hotspot dan diharapkan dalam penggunaanya dapat bermanfaat serta berdampak positif. Terima kasih


Dari 0878653XXXXX

Lobar luar biasa terhadap pemekaran desa, tapi pengawasan terhadap kades dan BPD harus kontinyu dilakukan, menurut Bapak apa itu sudah maksimal dan bagaimana mekanismenya?

Jawab :

Berdasarkan peraturan daerah tahun  2011 saat ini telah ada 30 desa yang ditetapkan dari desa persiapan. Sampai saat ini desa tersebut telah memiliki perangkat desa baik kepala desa dan BPD. Sebagai bentuk pendampingan oleh pemerintah daerah telah dibentuk tim kordinasi  pembinaan bagi desa-desa definitif tingkat kabupaten  yang baru dibentuk. Tim  tersebut melibatkan sejumlah SKPD sehingga diharapkan terdapat keterkaitan program yang dimiliki SKPD dengan program yang direncanakan oleh Desa-Desa difinitif. Selanjutnya diharapkan kedepanya akan ada sinergisitas dan singkronisasi sehingga desa-desa baru tersebut dapat bergerak lebih cepat dan sistematis.

Tim tersebut juga ditugaskan oleh bupati untuk memecahkan persolan yang timbul dan mengkordinasikan dengan dengan instansi terkait. Melaksanakan pembinaan, monitoring dan evaluasi juga menjadi tugas tim.

Sebagai konsekwensi dari pemekaran desa, diperkirakan akan banyak permasalahan yang timbul seperti pembagian kekayaan/asset desa, batas wilayah, data kependudukan, persiapan pemilihan kepala desa dan lain-lain. Diharapkan semua persolaan tersebut dapat diseslesaikan secara baik dan sistematis oleh tim.

Selain itu perangkat peraturan perundang-undangan yang kita miliki sudah cukup untuk mengantisipasi semua persolan yang akan dihadapi oleh Desa-desa baru baik dari Peraturan Pemerintah, Permendagri maupun Perda yang dimiliki oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Barat.


SMS dari 0813140XXXXX

ijin bertnya pak/ibu, sya ingin menanyakan sumber dari halaman link ini: http://lombokbaratkab.go.id/sekilas-lobar/gambaran-umum/iklim-hydrologi/, pada tulisan ini terdapat tabel Topografi Lombok Barat 2010,tpi kok isi nya rata-rata iklim bulanan, terus sumbernya kok BPS, bukan Stasiun Meteorologi Selaparang?
NB: kalo masalah iklim bisa bisa di minta informasi di Stasiun Klimatologi Kediri-NTB,dan kalau mslh cuaca terkini bisa mnt di Stasiun Meteorologi Selaparang.
Terima Kasih atas kesempatan yang diberikan, wassalam….
sbg tmbhan pak ini ada alamat url Klimatologi Kediri-NTB: http://staklimkediri-ntb.net/home Meteorologi

Jawaban : Berkaitan dengan kiriman melalui webmail  dari bapak Hamdan, berikut kami jelaskan bahwa terjadi kesalahan judul tabel yang seharusnya Iklim dan Hidrologi. Data tersebut kami terima / sadur dari buku Lombok Barat Dalam Angka tahun 2010 yang dikeluarkan oleh BPS Lombok Barat. Terima Kasih atas informasinya


SMS dari 0819331XXXXX

mohon data penduduk sekabupaten lombok barat perkecamatan dipublikasikan jg lewat web ini untuk kepentingan banyak kalangan terutama untuk kepentingan akademisi. terimakasih

Jawaban : Data tersebut telah ada, silakan buka / download di Lombok Barat Dalam Angka ( http://www.lombokbaratkab.go.id/angka/ )


SMS dari 0857169*****

Selamat siang bapak/ibu..Saya dari inspektorat kab. Bekasi jawa barat. Ingin menanyakan nomor telp inspektorat kab. Lombok barat atau yg bisa dihubungi lainnya.. Terima kasih bapak/ibu

Jawaban : Nomer Telp. Kantor inspektorat : (0370) 681030, Informasi dari kantor Inspektorat bahwa Inspektorat bisa melayani tamu setelah bulan April 2012 dikarenakan mempersiapkan HUT Lombok Barat, RKPD dll. Terima Kasih


Arsip SMS
HUT LOBAR KE 55
C21_0217 C21_0212_01 C21_0207 C21_0203 C21_0199 C21_0198 C21_0197 C21_0196 C21_0193_01 C21_0193 C21_0191 C21_0190 C21_0188 C21_0187 C21_0186
Mars Lombok Barat
Archives


www.lombokbaratkab.go.id
Powered by Pengolah Data Eelektronik Setda Lombok Barat
Jln Soekarno Hatta Giri Menang - Gerung
Telp / Fax. (0370) 681311, 681673 Kode Pos 83363