Dalam rangka Finalisasi Data Kabupaten Lombok Barat Dalam Angka Tahun 2018, Badan Pusat Statistik (BPS) bekerjasama dengan Dinas Kominfotik Kab. Lobar mengadakan Focus Group Discussion (FGD) Sinkronisasi dan Finalisasi Data di Aula Kantor Bupati Lombok Barat, Jumat (26/10).

Acara ini dibuka secara resmi oleh Asisten lll Daerah Kabupaten Lombok Barat Dr. H. Faturahim. Menurut Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Lombok  Barat Drs. Anas M.Si. dalam laporannya menyatakan, FGD adalah suatu proses pengumpulan data dan informasi yang sistematis mengenai suatu permasalahan tertentu yang sangat spesifik melalui diskusi kelompok.

Diterangkannya, FGD ini dilaksanakan dengan tujuan Sinkronisasi Data yang nantinya akan di publikasikan dalam bentuk Kabupaten Lombok Barat Dalam Angka Tahun 2018.

Asisten lll Kabupaten Lombok Barat Dr. H. Faturahim mengatakan, hal yang paling penting dalam mendukung pelaksanaan pembangunan adalah data. Untuk itu perlunya melakukan penyamaan persepsi sekaligus sinkronisasi data yang ada di masing masing OPD yang nantinya akan dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS) sebagai induk data di Lombok Barat.

Adapun salah satu syarat data yang baik pada teorinya menurut H. Faturahim, data itu harus akurat, cepat, dan bisa dipertanggung jawabkan baik itu data online maupun offline.

Faturahim berharap, melalui kegiatan Focus Group Discussion ini akan menjadikan serta menyajikan data Kabupaten Lombok Barat Dalam Angka Tahun 2018 lebih valid sehingga dapat disusun dan dipublikasikan oleh BPS Kabupaten Lobar dengan baik.

Hadir dalam kegiatan ini Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kabupaten Lobar. Ir. Budi Dharmajaya, MM dan semua peserta Focused Group Discussion dari masing masing peserta dari OPD (Organisasi Perangkat Daerah) Lombok Barat. (KIM Gerbang Gerung/Angge/L.Ivan R).