Bupati Zaini Arony Dalam Acara APP 2014Giri Menang – Prestasi membanggakan kembali diraih Bupati  Lombok Barat DR.H.Zaini Arony  setelah Kabupaten Lombok Barat yang dipimpinnya meraih predikat terbaik sebagai Kabupaten Peduli Pendidikan. Anugerah Peduli Pendidikan (APP) tahun 2014 diserahkan Rabu 15 Oktober 2014 di Auditorium Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Jakarta oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Prof.Dr. Moh Nuh . Dalam Laporan yang disampaikan oleh Sekretaris Jenderal Kementrian Prof.Dr. Ainun Naim, Kabupaten Lombok Barat dinyatakan meraih Anuegrah Pendidikan (Education Award) karena memiliki komitmen dan kepedulian yang sangat tinggi dalam meningkatakan kualitas layanan pendidikan bagi semua lapisan masyarakat.

Dibawah kepemimpinan DR. Zaini Arony, Layanan pendidikan dalam semua jenjang di lakukan dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia Lombok Barat. Perhatian dan komitmen ini antara lain  penyediaan pendidikan mulai dari  Pendidikan Informal Non Formal seperti PAUD,TK,PKBM,Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Pusat Kursus dan Pemberdayaan Masyarakat (PKPM).,Sedangkan untuk jenjang pendidikan dasar dan menengah aksesibilita layanan telah mencapai 100

Mendikbud Prof Dr Ir Moh Nuh Menyerahkan Penghargaan Kepada Bupati Lobar Zaini Aronypersen mulai dari tersedianya Sekolah Dasar, SATAP( SD dan SMP satu atap,SMP regular, SMP terbuka, SMA regular dan SMA Terbuka Bahkan saat ini Kabupaten Lombok Barat memiliki satu Perguruan Tinggi Negeri yakini Akdemi Komunitas Negeri (AKN) Lombok Barat dengan tiga program studi yakni Akomodasi Perhotelan,Hotel Engineering dan Tata Boga.  Kalau dilihat dari Politik Anggaran,keberpihakan pemerintah daerah Kabupaten Lombok Barat pada sector pendidikan sangat tinggi, dimana porsi penganggaran telah melampau standar minimla sesuai dengan UU Pendidikan 2003 yakni 20 % dari total APBD. Tahun 2014 I ni alokasi sector pendidikan telah mencapai 40 % termasuk didalamnya komponen Gaji dan Penghasilan Guru dan Tunjangan Profesinya.

Berbagai Fasilitas dan infrstruktur Pendidikan telah dan sedang dibangun guna menunjang terwujudnya visi Kabupaten Lombok Barat yakni Terwujudnya Maysrakat yang Unggul,Mandiri,Sejahtera dan Bermartabat. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lo9mbok Barat terus melakukan berbagai terobosan dan inovasi dalam upaya menggenjot mutu dan kualitas layanan pendidikan bagi semua komponen masyarakt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lombok Barat yang mendmpingi Bupati dalam acara Penereimaan Foto Bersama Penerima Penghargaan Bersama MendikbudAnugerah Peduli Pendidikan 2014 ini mengatakan bahwa Anugerah in I kita akan jadikan sebagai Pemacu Semangat dan Motivasi kerja seluruh jajaran Dinas Pendidikan untuk terus menerus bekerja dan berkarya melakukan inovasi,kreasi dan prestasi terbaik sehingga masyarakat Lombok Barat menjadi masyarakat yang cerdas dan unggul . Pendidikan menurut Ispan Junaidi adalah penggerak utama (prime driver) yang sangat signifikan mendongkrak capaian  Indek Pembangunan Manusia (IPM). Dengan telah dinyatakannya Kabupaten Lombok Barat sebagai Kabupaten bebas dari buta huruf  maka tantangan ke depan adalah mewujudkan mutu pendidikan. Insya Allah kita optimis kata Ispan, semua komponen dan pemangku kepentingan mendukung kita dalam bekerja. Seluruh jajaran Dinas pendidikan bangga dengan Anugerah ini dan akan terus mempersembahkan prestasi terbaiknya.