GIRI MENANG – Kelompok PKK memiliki peran penting untuk menjembatani pemerintah dengan masyarakat di tingkat bawah. Setiap anggota PKK diharapkan bisa ikut mensosialisasikan sejumlah program yang digalakkan pemerintah. Untuk itu, keterampilan dalam berkomunikasi menjadi sesuatu yang penting dan wajib dikuasi.
“Keterampilan dalam berkomunikasi itu sangat penting dan wajib dikuasai oleh semua anggota,” kata ketua penggerak PKK Kabupaten Lombok Barat (Lobar) Hj Nanik S Zaini Arony.
Khususnya bagi para istri kepala desa (kades) dan camat yang ikut menjadi anggota PKK, menurutnya, perlu meningkatkan kemampuannya dalam berkomunikasi. Sehingga, mereka lebih mudah dalam menjalankan program-program PKK sehari-hari. Terlebih, peran PKK sendiri dianggap sangat penting untuk mendorong kemajuan suatu daerah.
Untuk menggali keterampilan segenap anggotanya dalam berkomunikasi, PKK Lobar pun menggagas lomba pidato, kemarin. Lomba yang berlangsung di Becingah Lobar tersebut sekaligus untuk memeriahkan hari kesatuan gerak PKK ke-43, bersamaan dengan Hari Ibu ke-86 dan HUT Dharma Wanita ke-15.
“Dari acara ini, kita berharap anggota PKK semakin terlatih untuk berbicara di depan umum. Sehingga, tidak kaku dan gugup begitu bersosialisasi ke hadapan masyarakat,” imbuh Nanik.
Puluhan anggota PKK se Lobar ambil bagian sebagai peserta dalam acara tersebut. Dalam pidatonya, mereka mensosialisasikan peran penting dan tugas PKK. Sebagian diantaranya, juga memaparkan langkah-langkah yang perlu di lakukan PKK kedepan agar dapat memberi kontribusi yang lebih besar bagi jalannya roda pemerintahan di Gumi Patut Patuh Patju.
Tidak hanya lomba pidato. Dalam acara yang berlangsung sejak pagi tersebut, turut digelar lomba menyanyi. Khusus lomba menyanyi, dapat pula diikuti oleh segenap sopir dan tenaga honorer di Lobar. Berbagai hadiah menarik pun disiapkan panitia untuk para pemenang. Salah satu hadiah utamanya berupa satu unit kulkas.
“Para sopir dan tenaga honorer juga kita libatkan sebagai peserta. Ini juga sebagai bentuk penghargaan atas pengabdian mereka selama ini,” tandas Nanik.

Sumber: Lombok Post, Selasa 16 Desember 2014