MudikGIRI MENANG – Arus mudik lebaran 2015 mulai terlihat di jalur penyeberangan Lembar-Padangbai. Khusus untuk arus mudik lebaran tahun ini, PT ASDP Indonesia Ferry menyiapkan 30 kapal di rute penyeberangan ini.

Kepala ASDP Lembar Chandra kepada Lombok Post kemarin mengatakan, 30 kapal itu akan dioperasikan penuh pada puncak arus mudik pada tiga hari menjelang lebaran.

Dalam kondisi normal kata dia, sebanyak 26 kapal yang dioperasikan di lintas penyeberangan ini. Kapal berangkat tiap satu jam sekali. “Dan itu berlangsung 24 jam non stop,” katanya.

Seluruh kapal juga dalam kondisi siap. Pengecekan telah dilakukan. Baik dari sisi kelaikan operasional untuk berlayar, ataupun dari sisi kesiapan alat-alat keselamatan bagi para penumpang di kapal.

Secara umum kata Chandra, pihaknya memprediksi akan terjadi peningkatan pemudik sebanyak 6-8 persen pada tahun ini. Dan puncak arus mudik lebaran tahun ini diperkirakan akan lebih padat dari pada tahun sebelumnya. Hal ini dikarenakan selain musim libur lebaran, tahun ini juga berbarengan dengan libur sekolah. “Penumpukan penumpang kita perkirakan pada sekitar H-3 atau H-2 Lebaran,” ujarnya.

Chandra menegaskan, meskipun akan menghadapi tantanan tyang lebih berat, pihak ASDP Lembar optimistis bahwa operasi angkutan lebaran tahun ini akan lebih baik dari tahun sebelumnya. “Kami berharap operasi angkutan lebaran tahun ini zero accident,” harapnya.

Sementara, Kepala Perhubungan Laut Pelabuhan Lembar Tarna kepada mengatakan, segala persiapan angkutan lebaran di pelabuhan Lembar telah siap. Pihaknya juga telah merampungkan pembenahan fasilitas, untuk meningkatkan pelayanan dan kenyamanan para penumpang.

Pihaknya juga mengoperasikan monitoring room serta program video call yang terhubung dengan beberapa pelabuhan dan stasiun. “Monitoring room ini memungkinkan kami bereaksi cepat untuk memastikan keamanan, keselamatan kebersihan dan kenyamanan para penumpang,” katanya. (cr-rid/r12)  Sumber: http://www.lombokpost.net/2015/asdp-siapkan-30-kapal.html