Dirjen Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kementerian Dalam Negeri, Ir Tarmizi A Karim, MSc mengatakan pemerintah saat ini tengah menggulirkan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Pedesaan Generasi. Program ini direncanakan melibatkan PKK hingga tingkat desa.

Usai Membuka Rapat Konsultasi Tim Penggerak PKK di Jakarta, kemarin, Tarmizi mengatakan keberadaan PNPM Mandiri Generasi tersebut nantinya diharapkan akan mampu memacu tingkat kesejahteraan masyarakat di pedesaan. Sekaligus juga untuk mengoptimalisasikan produk-produk unggulan di setiap desa masing-masing.

Terkait peran PKK itu sendiri, mantan Pejabat Gubernur NAD ini menyebutkan pihaknya tidak meragukan lagi. Sebab, selama ini keberadaan PKK telah menyentuh setiap keluarga di pedesaan. PKK juga telah mengakar kuat di tengah-tengah masyarakat desa.

Sementara itu Ketua Umum Tim Penggerak PKK Pusat, Vita Gamawan Fauzi mengatakan PKK siap menyukseskan program pemerintah PNPM Mandiri tersebut. PKK selama ini sudah banyak terlibat aktif dalam program pemberdayaan masyarakat, termasuk PNPM. Secara kelembagaan PKK akan senantiasa siap untuk memberikan dukungan setiap program yang digulirkan oleh pemerintah.

Sumber : www.harianterbit.com