GIRI MENANG-Dharma Wanita Persatuan (DWP) Lom­bok Barat (Lobar) memulai tahun 2014 dengan menggelar road show atau silaturrahmi. Mereka mengunjungi semua SKPD termasuk kecamatan dengan tujuan agar istri PNS yang satu dengan yang lainnya saling kenal.

Selain itu, pengurus DWP Lobar juga mensosialisasikan program-program DWP kabupaten Lobar selama tahun 2014 kedepan. “Program kita ya seperti tahun sebelumnya yakni, penyuluhan bahaya narkoba, program PHBS (perilaku hidup bersih dan sehat) serta penanaman pohon menjelang untuk mewujudkan program pusat One Billion Tress (Obit),” tandas ketua DWP Lobar Hj Alwani Uzair kepada wartawan disela-sela acara Road Show di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Lobar, kemarin.

Sementara itu. Kepala Dinas Dukcapil Lobar H. Khalid mengatakan bahwa pihaknya harus mendukung kegiatan DWP kabupaten maupun di SKPD nya. Dukungan ini selain karena istrinya menjadi ketua DWP di dinas tempat kerjanya juga agar istri-istri PNS ini mengerti tugas dan peran suaminya selama di kantor.

Senada dengan Kadis Dukcapil, Dewan Pembina DWP Kabupaten Lobar yang juga ketua TP PKK Lobar Hj Nanik ZA mengatakan bahwa istri PNS dan karyawan harus saling mengenal. Acara silaturrahmi seperti ini juga menurutnya, sangat penting dilakukan.

“’Kepala dinas harus sering-sering membuat kegiatan Dharma Wanita dikatornya bahkan jika perlu kepala dinas memberikan izin kepada istri PNS untuk melihat ruangan tempat suaminya bekerja,” ujarnya.

Hj Nanik juga mengimbau DWP harus membantu dan memberikan motivasi kepada suaminya dalam menjalankan tugas-tugasnya. Sementara para suami diminta jangan menganggap peran istri sepele meskipun hanya dirumah saja. Peran istri memiliki arti sangat besar sehingga harus diberikan pemahaman terkait pekerjaan.

Sumber: Lombok Post, Jum’at 7 Februari 2014