CEGAH PENYAKIT DENGAN GERMAS

Giri Menang, Senin 14 Agustus 2017 – Hari ke dua gelaran Jambore Kader Kesehatan Dinas Kesehatan Lombok Barat berlangsung meriah. Mewujudkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), selepas subuh seluruh peserta jambore mulai dari Kepala Dinas Dikes hingga ribuan kader mengawali hari dengan melakukan senam “CERDIK”. CERDIK di sini akronim dari Cek kesehatan secara berkala, Enyahkan asap rokok, Rajin berolahraga, Diet seimbang, Istirahat dengan teratur dan Kelola stress.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan jalan sehat dengan rute mengelilingi hutan Suranadi dan dilanjutkan dengan aneka lomba. Seluruh kegiatan tersebut merupakan perwujudan dari Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang sudah dicanangkan oleh Menteri Kesehatan RI, Prof Dr dr Nila Djuwita F Moeloek.

Jalan sehat dilepas oleh Kepala Dikes Lobar, H. Rachman Sahnan Putra didampingi Kepala Dikes Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dr Nurhandini Eka Dewi. Sebelum melepas peserta, dr Nurhandini mengingatkan untuk berolahraga minimal 30 menit dalam sehari.

“Olahraga, cara untuk mencegah datangnya penyakit tidak menular yang sudah mulai merebak,” ujarnya.

Sala satu kader dari Desa Sedau Kecamatan Narmada, Ernawati, mengaku senang mengikuti kegiatan jambore seperti ini. Bahkan, ia turut membawa anak balitanya berkemah.

“Selain untuk menambah pengetahuan dan bertukar ilmu dengan Kader Kesehatan lainnya, ini adalah ajang refreshing bagi kami para kader kesehatan. Kami berharap kegiatan ini tetap dilaksanakan tiap tahunnya” harapnya wanita yang sudah menjadi kader kesehatan sejak tahun 1996 ini.

Untuk diketahui hasil data statistik menunjukkan bahwa sebagian besar sakit yang dialami justru karena penyakit yang tidak menular. Sedangkan menurut data statistik pula menyebutkan bahwa masyarakat indonesia yang sehat sebanyak 70% sedangkan 30% dari masyarakat Indonesia menderita penyakit. Karena itulah diadakannya Germas untuk mencegah agar masyarakat yang sehat itu jangan sampai sakit.

GERMAS sendiri meliputi kegiatan aktifitas fisik, mengonsumsi sayur dan buah, tidak merokok, tidak mengonsumsi alkohol, memeriksa kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan, dan menggunakan jamban. (humas)

www.lombokbaratkab.go.id
Powered by Diskominfotik Kabupaten Lombok Barat
Jl. Soekarno - Hatta, Giri Menang - Gerung, Telp (0370) 6183001 (Hunting), Fax. 6183006 Kode Pos 83363
Email : diskominfo@lombokbaratkab.go.id