Giri Menang, Selasa 12 November 2019 – Mengurus Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) kini semakin mudah bagi masyarakat di wilayah Kecamatan Lingsar, Narmada dan sekitar. Kemarin (11/11), Unit Pelayanan Pajak Daerah (UPPD) atau Kantor Samsat Gerung bekerja sama dengan pihak kepolisian, Jasaraharja, serta Pemerintah Kecamatan Narmada melauncing program peningkatan pelayanan untuk pembuatan dan pergantian STNK lima tahunan di Kantor Samsat Drive Thru Narmada. Lanuching sendiri dibuka oleh Wakil Dirlantas Polda NTB, AKBP Ismail.
Kepala Samsat Gerung, Saiful Amry mengatakan, selama ini banyak masyarakat yang mengeluhkan lokasi kantor pelayanan Samsat yang terlalu jauh. Ini membuat sebagian masyarakat merasa malas untuk membayar pajak kendaraan. Akibatnya, pajak kendaraan kurang maksimal.
“Program peningkatan pelayanan ini untuk semakin mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Saya sering datang kesini, masyarakat banyak yang mau untuk membayar pajaknya, namun karena jarak perjalanan yang jauh mereka malas ke Kantor Samsat di Gerung,” katanya usai acara.
Menurutnya, dari sepuluh kecamatan di Lombok Barat, Kecamatan Narmada tertinggi obyek tunggakannya. Dengan adanya program ini masyarakat diharapkan bisa lebih mudah membayar pajak kendaraan.
“Pelayanan Samsat ini sebelumnya hanya melayani pembayaran PKB dan pengesahan STNK. Sekarang bisa pengesahan STNK untuk lima tahun,” jelas Amry.
Berdasarkan data yang dimiliki Bappenda Provinsi NTB, kendaraan roda empat di Kecamatan Narmada tercatat sebanyak 2.953 atau 25,13 persen, sedangkan kendaraan roda dua sebanyak 35.044 atau 45 persen.
Untuk tunggakan tahun berjalan dari Januari-November 2019, tercatat sebanyak 199 unit kendaraan roda empat dengan nilai Rp. 195 juta yang menunggak. Selanjutnya untuk roda dua 2.372 unit atau diuangkan senilai Rp. 83 juta.
PLH Kepala Bappenda Provinsi NTB Ibu Hj. Eva Dwiyani cukup berbangga dengan inovasi yang dilakukan Samsat Gerung yang telah membuka layanan pencetakan SNTK untuk lima tahunan. Ia kemudian meminta pihak kecamatan dan para kepala desa yang hadir baik ikut membantu mensosialisasikan kepada masyarakat terkait pelayanan tersebut. Kerena ia pun menyebut potensi di Kecamatan Narmada dari tahun ketahun terus mengalami peningkatan.
“Terima kasih. Dengan adanya peningkatan layanan dari pelayanan tahunan menjadi lima tahunan ini dapat diikuti oleh Samsat lain NTB,” ujarnya.