PAWAI TAKBIRAN DI LOMBOK BARAT MERIAH, RIBUAN PESERTA TUMPAH RUAH

Gerung, Diskominfotik – Usai beberapa tahun tidak dilaksanakan pawai takbiran, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lombok Barat (Lobar) Bupati Lombok Barat menggelar pawai takbiran pada malam 1 syawal 1444 hijriah yang dipusatkatkan di depan Pendopo Bupati Lombok Barat, Jumat (21/4/2023).

Turut hadir dalam gelaran tersebut Sekretaris Daerah Lombok Barat H. Ilham,  Kapolres Lobar AKBP Bagus Nyoman Gede Junaedi, SH, SIK, MAP., Kakan Kemenag RI Lobar H. Jalalussayuthy, SS.M.Pd., Ketua KNPI Lobar Mursidin. kepala OPD Lingkup Pemda Lobar. Setelah beberapa tahun berlalu tidak menggelar acara pawai takbiran 1 Syawal hari Raya Idul Fitri sebagai salah satu tradisi di Kabupaten Lombok Barat, kini kemeriahan itu kembali terasa. Pawai takbiran yang di lepas langsung secara resmi oleh Asisten lll Setda Lobar Hendrayadi di lapangan mareje gerung pada titik start.

“Patuhi aturan yang telah ditetapkan oleh aparat kepolisian sehingga pawai ini dapat berjalan dengan baik sampai selesai nanti, terima kasih atas dukungan semua pihak, utamanya Kapolres, Dandim, Dinas Perhubungan Lobar, Pol-PP Lobar, serta seluruh pihak yang ikut menyukseskan pawai takbiran ini,” ujarnya.

Pawai takbiran tersebut berjalan dengan semarak. Ribuan masyarakat dari berbagai desa di sekitar Gerung dan bahkan dari luar kecamatan Gerung turut serta. Adapun miniatur yang ditampilkan para peserta berupa Masjid, Alqur’an, Beduk, dan Ka’bah serta miniatur pembangunan simbol umat Muslim.

Pada pawai tersebut, tak kurang dari 30 kafilah dari berbagai Desa dan kecamatan tampil dengan membawa hasil karya masing-masing. Sebagian besar membawa miniature masjid yang cukup indah diiringi puluhan remaja masjid berbaris rapi seraya mengumandangkan takbir. Sementara itu di panggung  kehormatan tampak Bupati, Asisten beserta sejumlah pimpinan SKPD Lingkup Pemda Lobar yang hadir.

Bupati Lobar H. Fauzan Khalid terlihat gembira dengan kemeriahan pawai takbiran tersebut.  Menurutnya pawai kali ini jauh lebih meriah dari tahun-tahun sebelumnya. Namun demikian Bupati Fauzan berharap agar di tahun keberikutnya pawai takbiran terus ditingkatkan kualitas dan kuantitasnya.

Kegiatan pawai Takbiran di Lombok Barat juga berlangsung di masing masing kecamatan dan desa di Lombok Barat. Hal ini tentu dapat mengurai dan mengurangi kemacetan dan penumpukan masa di satu titik. (Diskominfotik/Angge)

www.lombokbaratkab.go.id
Powered by Diskominfotik Kabupaten Lombok Barat
Jl. Soekarno - Hatta, Giri Menang - Gerung, Telp (0370) 6183001 (Hunting), Fax. 6183006 Kode Pos 83363
Email : diskominfo@lombokbaratkab.go.id