Dalam rangka mendukung upaya pemanfaatan tehnologi informasi (IT) untuk meningkatkan efektifitas, produktivitas serta tertib administrasi di lingkungan instansi pemerintah, maka pemerintah pusat telah mengembangkan sistem administrasi perkantoran secara elektronik yang terintegrasi. Sistem ini disebut siMAYA, yaitu Sistem Administrasi perkantoran MAYA.
Sebagai pilot project, di kabupaten Lombok Barat (Lobar) sistem tersebut telah digelar dalam bentuk Bimbingan Tehnis (Bimtek) bagi 51 orang peserta. Masing-masing SKPD mengirim seorang wakilnya sebagai peserta yang selanjutnya diharapkan menerapkan teknologi ini di kantornya masing-masing. Bimtek berlangsung di Aula Utama Kantor Bupati sejak 6-8 November 2013 yang difasilitasi oleh Bagian Pengolah Data Elektronik (PDE) Pemkab Lobar.
Bupati Lobar, melalui Sekretaris Daerah, Drs. H. Moh. Uzair menekankan, seluruh peserta bimtek supaya terfokus dan serius mengikuti bimtek hingga usai. Karena Uzair menilai, bimtek ini sangat penting, karena pada akhir tahun 2014 mendatang, seluruh instansi pemerintah telah menerapkan siMAYA sebagai sistem administrasi perkantoran maya yang terintegrasi dan akan dievaluasi tiap tahun. “Saya harapkan bapak ibu mengikuti bimtek ini dengan tekun dan serius”, harapnya ketika memberikan arahan pada saat pembukaan bimtek.
Di tempat yang sama, Ketua Panitia bimtek, Subardi, SKM., M.Kes melaporkan, bimtek aplikasi siMAYA dan PNSmail ini, merupakan kerjasama antara Pemkab Lobar dengan Direktorat E-Government Ditjen Aptika Kemenkominfo RI. Masing-masing peserta diberikan admin dan password dari kantor PDE sesuai SKPD kantor masing-masing.
Dilaporkan Kepala Bagian PDE Setda Lobar ini, pemateri dalam bimtek tersebut didatangkan dari tim Kemenkominfo. Mereka adalah Bambang Dwi Anggono, Kabid Aplikasi Layanan Kepemerintahan dan tiga orang yang masuk dalam tim tehnis.