Senggigi, Diskominfotik,
Pemerintah Kabupaten Lombok Barat menggelar Sosialisasi Kebijakan Pelayanan Publik Tahun 2025 pada Rabu (2/10/2025) di Hotel Aruna Senggigi Kecamatan Batulayar Kabupaten Lombok Barat. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lombok Barat, H. Ilham, dan dihadiri oleh Asisten III Setda Lobar H. Fauzan Husniadi, Analis Kebijakan Publik Agus Suryawan, Kepala OPD, Camat, Kepala Bidang Aplikasi Informatika (APTIKA) Diskominfotik Lobar, Perwakilan Biro Organisasi, Sejumlah Puskesmas, serta Dinas penyelenggara layanan publik lainnya.

Dalam arahannya, Sekda Lombok Barat H. Ilham menegaskan bahwa pelayanan publik yang prima tidak hanya bergantung pada ketersediaan infrastruktur, tetapi juga pada inovasi, kecepatan, ketanggapan, serta sikap ramah tamah sesuai adat ketimuran. Ia menyoroti sektor kesehatan dan pendidikan sebagai layanan mendasar yang wajib terus diperkuat, sekaligus menekankan pentingnya perbaikan berkelanjutan pada seluruh layanan publik sehingga menjadi indikator utama dalam menilai kualitas pelayanan, ujarnya.

Lebih lanjut, Ilham memberikan perhatian khusus pada pelayanan administrasi kependudukan yang setiap tahun menunjukkan perkembangan positif. Ia menegaskan, meski sudah ada kemajuan, kita tetap harus bekerja keras agar layanan administrasi semakin cepat, efisien, dan ramah. Peningkatan di sektor ini sangat menentukan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah.

“Kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan publik adalah hal yang harus terus dijaga dan ditingkatkan. Dengan kerja keras bersama, kualitas layanan kita bisa memenuhi harapan masyarakat sekaligus meningkatkan citra baik Lombok Barat di mata dunia,” tegasnya.

Sementara itu, Analis Kebijakan Publik Agus Suryawan dalam laporannya menekankan bahwa peningkatan kualitas pelayanan publik harus menjadi prioritas bersama. Ia menjelaskan, sosialisasi kebijakan pelayanan publik ini merupakan langkah strategis untuk memperkuat sistem layanan di Kabupaten Lombok Barat. Ia berharap kegiatan ini dapat mendorong lahirnya pelayanan publik yang lebih inovatif, cepat, responsif, dan ramah.

“Keberhasilan peningkatan layanan akan tercermin dalam naiknya indeks pelayanan publik daerah, sehingga masyarakat benar-benar merasakan manfaat berupa pelayanan yang semakin optimal, mudah diakses, dan memuaskan” harapnya.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman bahwa peningkatan pelayanan publik berhubungan langsung dengan indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dan indeks smart city, yang menjadi tolak ukur kemajuan transformasi digital daerah, serta peningkatan kualitas pelayanan publik di seluruh sektor, sekaligus memperkuat transformasi menuju pemerintahan digital yang lebih efisien, transparan, dan terpercaya.

Seluruh rangkaian acara berlangsung interaktif dan lancar dan ditandai dengan pembukaan secara resmi oleh Sekda Lobar, sebagai simbol dimulainya langkah kolaboratif dalam memperbaiki pelayanan publik di Kabupaten Lombok Barat.

(Diskominfotik)
Penulis : Sumirah
Poto : Yara
Editor : Zul