TARI DULANG PESAJI HANYA MILIK LOBAR

Giri Menang, Rabu 25 Oktober 2017 – Kabupaten Lombok Barat memiliki modal besar untuk promosi pariwisata. Selain keindahan alam, Lombok Barat juga memiliki banyak situs bersejarah, ritual budaya dan aneka tarian.

Untuk tarian, saat ini Dewan Budaya Kabupaten Lombok Barat baru menemukan sekitar 15 musik/tarian prosesi. “Kekayaan seni budaya di Lombok Barat cukup luar biasa. Salah satunya kesenian Tari Dulang Pesaji. Kita akan mencoba segera mengukuhkan Tari Dulang Pesaji menjadi hak paten yang merupakan satu-satunya musik prosesi penyambutan milik Lombok Barat,” kata Ketua Dewan Budaya Lombok Barat, Kamarudin Jaelani dalam acara Festival Seni dan Budaya yang digelar di Gedung Seni dan Budaya Narmada, (25/10).

Tari Dulang Pesaji sendiri ditampilkan sebagai pembuka acara Festival Desa, Seni dan Budaya Tahun yang digelar Pemerintah Kecamatan Narmada. Tarian tersebut sekaligus menyambut kedatangan Ketua TP-PKK Lombok Barat, Hj. Khaeratun Fauzan Khalid.

Tari Dulang Pesaji merupakan tari penyambutan sejak nenek moyang. Tarian ini banyak memberikan warna budaya di setiap kegiatan sebagai tarian selamat datang di setiap prosesi acara penyambutan bagi para tamu yang kerap berkunjung ke Kabupaten Lombok Barat. (andi/humas)

www.lombokbaratkab.go.id
Powered by Diskominfotik Kabupaten Lombok Barat
Jl. Soekarno - Hatta, Giri Menang - Gerung, Telp (0370) 6183001 (Hunting), Fax. 6183006 Kode Pos 83363
Email : diskominfo@lombokbaratkab.go.id