Giri Menang, Diskominfotik – Peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke 74 di Kabupaten Lombok Barat mengaung tepat pukul 10.00 Wita di halaman Kantor Bupati Lombok Barat, Giri menang, Gerung, Sabtu (17/8/2019).  Ditandai dengan bunyi sirene selama satu menit. Setelah itu langsung pembacaan Naskah Proklamasi yang dibacakan oleh Ketua Sementara DPRD Lombok Barat Hj. Nur Hidayah. Naskah Proklamasi itu dibaca lantang Nur Hidyah disamping Instpektur Upacara Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid. Acara peringatanpun menjadi lebih hidmat bersama ribuan peserta upacara bendera yang tertib dibawah terik panas matahari siang itu.

Upacara Detik-detik proklamasi itu dilajutkan dengan mengheningkan cipta dipimpin oleh Bupati Lombok Barat yang mendoaan para pejuang kemerdeaan yang telah mengorbankan harta benda bahkan jiwanya untuk kemerdeaan Republik Indonesia. Ditambah lagi dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh petugas dari Kementerian Agama Kabupaten Lombok bat.

Pelaksanaan upacara HUT RI ke 74 ini berlangsung tertib dan lancar. Titik perhatian peserta adalah Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang terdiri dari para pelajar SLTA se Lombok Barat yang dengan cakap dan terampil melaksanakan tugasnya dengan baik. Para Pasibraka tersebut berhasil menghipnotis peserta upacara dengan formasi tujuh empat sebagaimana HUT RI ke 74 di tahun 2019 ini.

Upacara bendera HUT RI ke 74 selain acara detik-detik proklamasi juga diakan upacara bendera di masing-masing Kantor, baik di kantor Organisasi Pernagkat Daerah (OPD) juga dilasanaan di kecamatan, desa, sekolah-sekolah pada pagi hari mulai pukul 07.00 Wita. Sementara upacara Penurunan Bendera akan dimulai nanti pukul 17.30 wita atau sore menjelang petang.

Pada Upacara di masing-masing OPD, Kecamatan dan Desa serta sekolah-sekolah, Inspektur Upacara membacakan sambutan Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid. Dalam sambutannya Fauzan memaparan program Rencana Program Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Lombok Barat. Dikatakannya, RPJMD Lombok Barat yang memuat Visi Lombok Barat yaitu Amanah, Sejahtera dan Berprestasi yang disingkat dengan Lombok Barat Mantap. Visi tersebut adalah sejalan dengan thema HUT RI ke 74 yaitu SDM Unggul Indonesia Maju.  Fauzan diakhir sambutannya mengharapkan dengan Lombok Barat Mantab menjadikan Indonesia Maju.

“saya berharap refolusi industri 4.0 dikalangan Aparatur Sipil Negara akan memberi dampak positif tidak hanya secara personal namun juga instansional sehingga tercipta program kerja yang tepat guna dan tepat sasaran. Dirgahayu  RI ke 74  semoga Apartur Sipil Negara di Lombok Barat akan semakin terdepan sebagai SDM Unggul dalam mewujudkan Lombok Barat yang Amanah, Sejahtera dan Berprestasi. Dari lombo Barat Indonesia harus Maju”, katanya mengakhiri sambutannya.

Upacara Bendera Peringatan HUT RI ke 74 di Lombok Bart tersebut dihadiri Wakil Bupati Lombok Barat Hj Sumiatun, anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda), anggota DPRD Lombok barat periode 2019-2024, Sekretaris Daerah, para Asisten, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) , anggota TNI/Polri, organisasi wanita, organisasi pemuda, para pelajar dan para PNS lingkup Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Lombok Barat. Diskominfotik/rasidibragi