Baznas Kab. Lobar Segera Salurkan

GIRI MENANG-Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Lombok Barat (Lobar) menyiapkan dana sebesar Rp 610 juta untuk disalurkan sebagai modal usaha bagi fakir miskin yang berprofesi sebagai pedagang bakulan.
‘’Dana yang akan disalurkan untuk usaha ekonomi produktif itu merupakan zakat yang berhasil dihimpun dari umat,” kata Sekretaris Baznas Lobar H Mahrum, di Giri Menang, kemarin.
Dikatakan, penyaluran bantuan modal usaha tersebut dilakukan sebelum Idul Fitri 1435 Hijriah. Jumlah sasaran penerima sebanyak 1.220 orang yang tersebar di 122 desa/kelurahan di Kabupaten Lobar. Masing-masing pedagang akan menerima bantuan modal senilai Rp 500 ribu untuk mengembangkan skala usahanya.
“ Misalkan yang jualan pelecing kangkung pakai meja bisa membeli gerobak dorong dengan zakat yang diberikan,” ujar Mahrum, Menurutnya, penyaluran dana zakat ke sektor ekonomi produktif tersebut bertujuan untuk membantu pemerintah daerah dalam menekan angka kemiskinan. ‘’Dengan memperkuat fakir miskin yang sudah memiliki usaha ekonomi produktif melalui zakat diharapkan tidak ada lagi orang minta-minta di jalanan,” kata Mahrum.
Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Lobar H Baehaqi beberapa waktu lalu mengatakan, upaya menurunkan angka kemiskinan melampaui target. Jumlah penduduk miskin saat ini mencapai 15,94 persen dari total jumlah penduduk Lombok Barat pada 2013 sebanyak 628 ribu jiwa lebih.
‘’Jadi angka kemiskinan sudah menurun sebesar 8,11 persen dalam tiga tahun terakhir,” ujarnya.
Penurunan angka kemiskinan itu, kata Baehaqi, sebagai dampak dari kinerja yang tersistem. Misalnya adanya pembangunan jalan di daerah marjinal yang juga menurunkan angka inflasi.
Selain itu, terciptanya lapangan kerja dan meningkatan transaksi barang yang pasti diikuti dengan  adanya transaksi jasa.
“ Kalau peluang kerja dan peningkatan distribusi pendapatan terjadi maka muaranya pada penurunan angka kemiskinan,” ujar Baehaqi.

Sumber: Lombok Post, Selasa 15 Juli 2014