Gerung, Diskominfotik – Jajaran Forkopimda Kabupaten Lombok Barat, tokoh masyarakat dan media menyaksikan bersama peluncuran tahapan pemilu 2024 secara daring di Aula Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lombok Barat, Selasa malam (14/6/2022).

KPU memulai acara seremoni peluncuran Pemilu Serentak 2024 di Kantor KPU RI yang diikuti via zoom dari penjuru tanah air dan peluncuran tahapan penyelenggaran Pemilu 2024 ditandai dengan menekan sirine.

Acara tersebut menjadi penanda secara resmi dimulainya tahapan-tahapan Pemilu, yakni Pemilu serentak pada 14 Februari 2024 dan Pilkada serentak pada 27 November 2024.

Mendagri Tito Karnavian menyampaikan arahan presiden Joko Widodo bahwa pemerintah mendukung penuh KPU dalam mempersiapkan seluruh tahapan Pemilu dan Pilkada 2024. “Pemerintah mendukung penuh seluruh pelaksanaan tahapan jadwal Pemilu dan Pilkada yang sudah ditetapkan tahapannya dimulai 14 Juni tahun 2022 hingga pemungutan suara Pemilu 14 Februari 2024, dan Pilkada serentak November 2024,” ujarnya

Kemudian Jokowi menambahkan KPU harus meningkatkan kualitas Pemilu 2024 dan menjadi rujukan dunia. “KPU betul-betul menjaga dan meningkatkan kualitas Pemilu dan Pilkada Serentak tahun 2024 dan Indonesia menjadi rujukan dunia dalam penyelenggaraan Pemilu,” imbuhnya.

Tito menambahkan, KPU dapat meningkatkan partisipasi pemilih hingga memberikan pendidikan politik kepada masyarakat. “Karena itu dorong partisipasi pemilih yang tinggi termasuk di antaranya memberikan pendidikan politik secara masif. Pendidikan politik dalam arti agar masyarakat paham tentang hak-haknya dalam election pemilihan karena menentukan perjalanan bangsa ke depan,” harapnya.

Hasyim Asy’ari selaku Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menyampaikan, pada malam hari ini, tanggal 14 Juni 2022, kalau dihitung mulai dari 14 Februari 2024 hari pemungutan suara dihitung mundur, pada hari ini tepat 20 bulan sebelum hari pemungutan suara.

“Menurut mandat Konstitusi, dan mandat undang-undang, pada hari ini tanggal 14 juni 2022 adalah hari dimulainya tahapan pemilu tahun 2024,” katanya

Setelah tahapan awal Pemilu 2024 resmi dibuka, nantinya KPU baik RI, Provinsi, Kabupaten dan Kota merancang perencanaan program, kegiatan dan menyusun peraturan pelaksanaan penyelenggaraan pemilu.

Tahun 2024 akan menjadi tahun politik yang sangat ramai. Tidak hanya pemilu, pemilihan presiden dan kepala daerah serentak juga akan dilakukan di tahun yang sama.

Dalam sambutan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Puan Maharani menekankan agar bersama-sama menjaga semangat Pemilu sehingga menjadi hal baik yang bisa menciptakan persatuan dan kesatuan Indonesia bukan malah membelah Indonesia. “Tahun 2024 pemilu harus dilakukan dan tidak ada penundaan,” tegasnya.

Di Kabupaten Lombok Barat kegiatan zoom peluncuran ini diselenggarakan di Aula KPU Lombok Lombok Barat yang diikuti oleh Wakapolres Lobar, perwakilan Dandim 1606 Mataram, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Lobar, Kepala Kesbangpol Lobar, Ketua KPU Lobar, Sekretaris Pol PP Lobar, Awak media dan peserta partai politik. (Diskominfotik/Agg)