GIRI MENANG-Mengantisipasi lonjakan harga yang biasa terjadi menjelang Ramadhan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Lombok Barat (Lobar) melakukan pengecekan pasokan bahan sembako di beberapa pasar. Kepala Disperindag Lombok Barat H. Joko Wiratno memastikan tidak akan ada permasalahan soal stok barang atau komoditas menjelang ramadhan.

“Pasokan sembako di Lobar untuk Ramadhan dan Idul Fitri masih aman,” kata Joko.

Meski begitu, Joko pun mengakui jika harga kebutuhan pokok mulai merangkak naik seiring rencana penerapan kenaikan harga BBM. Namun kondisi ini menurutnya, masih tergolong stabil. Karena nilai kenaikannya tidak signifikan.” Ini merupakan dampak psikologis pedagang terhadap rencana kenaikan harga BBM,” imbuhnya.

Pada musim penghujan saat ini, komoditi pertanian yang mengalami kenaikan seperti cabe dan bawang. Harga cabe rawit memang mengalami kenaikan yang signifikan disebabkan sulit didapat. Sementara bawang merah saat dijual Rp. 20 ribu–Rp. 22 ribu tiap kilogramnya.

“Kondisi tersebut adalah akibat hujan yang turun dengan intensitas tinggi, menyebabkan cabe dan bawang hasil panen petani busuk dan mengalami kekurangan pasokan di beberapa wilayah di Lobar,” imbuhnya.

Sumber : Lombok Post, 15 Juni 2013