Gerung, Diskominfotik – Rombongan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Karanganyar Provinsi Jawa Tengah (25/10/2022) melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Kabupaten Lombok Barat (Lobar). Rombongan ini dipimpin langsung Kadis Kominfo Karanganyar Drs. Sujarno, M.Si , beranggotakan sekitar 35 orang terdiri dari jajaran Diskominfo Karanganyar dan para wartawan yang setiap harinya meliput berita di Pemkab Karanganyar. Kedatangan rombongan ini diterima langsung di Ruang Rapat Jayang Rana Kantor Bupati Lobar oleh Kadis Kominfotik Lobar Ahad Legiarto, ST.,M,.Eng didampingi seluruh jajaran Diskominfotik Lobar.

Dalam penyampaiannya Sujarno menjelaskan, maksud kedatangannya bersama rombongan adalah dalam rangka sharing informasi dan pengalaman terkait pelaksanaan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) Diskominfo di bidang pelayanan informasi. Sujarno menilai selama ini Diskominfo Lobar telah berhasil mengembangkan digitalisasi informasi dalam upaya meningkatkan pengelolaan, pelayanan dan penyebarluasan informasi kepada masyarakat.“Kami ingin membangun digitalisasi informasi sebagaimana telah berhasil dilaksanakan oleh Diskominfotik Lobar”, jelasnya.

Sujarno menambahkan, dalam kesempatan tersebut pihaknya juga ingin berdiskusi dengan jajaran Diskominfotik Lobar terkait kerjasama dengan media cetak maupun online, branding daerah, pelayanan keterbukaan informasi publik melalui PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi), pengelolaan LPPL Radio Publik dan layanan aduan masyarakat.
“Di Kabupaten Karanganyar masih sebagian kecil desa yang telah memiliki website. Oleh karena itu kami ingin menimba pengalaman dan terobosan yang dilakukan oleh Diskominfotik Lobar dalam mengembangkan Website Desa”, ungkapnya.

Menanggapi hal itu Ahad Legiarto menjelaskan, Diskominfotik Lobar membangun dan mengembangkan digitalisasi informasi berdasarkan Master Plan Smart City yang dimiliki Lobar. Salah satunya dengan memfasilitasi desa untuk memiliki website sendiri. Melalui websitenya setiap desa dapat menyebarluaskan berbagai informasi dan branding wilayahnya seperti regulasi desa, pembangunan desa baik program maupun anggaran dan capaiannya, obyek wisata alam, budaya, kuliner tradisional dan hasil-hasil UMKM di desa tersebut. Masing-masing desa juga telah memiliki aplikasi layanan sehingga mempermudah dalam pelayanan administrasi kepada masyarakat. “Saat ini 119 desa dan 3 kelurahan di Lobar seluruhnya telah memiliki Website Desa yang terintegrasi dengan Website Pemkab Lobar. Hal ini baru satu-satunya di Indonesia”, jelasnya.

Diskominfotik Lobar juga membangun kerjasama yang baik dengan organisasi wartawan media cetak maupun online yang meliput berita di Lobar. Tujuannya agar semakin banyak berita-berita positif tentang Lobar yang tersampaikan ke masyarakat. Sementara itu terkait pelayanan keterbukaan informasi publik melalui PPID Ahad menambahkan, sejak tahun 2013 Diskominfotik telah membentuk PPID diawali dengan terbentuknya PPID Utama kemudian diikuti dengan terbentuknya PPID Pembantu di setiap OPD, UPT dan Desa.Pelayanan informasi publik di setiap PPID OPD melalui menu PPID di Website OPD yang terintegrsai dengan Website PPID Utama. “Saat ini sebagian besar desa di Lobar telah membentuk PPID dan memiliki Operator PPID Desa. Pelayanan keterbukaan informasi publik di setiap PPID Desa melalui menu PPID di Website Desa”, imbuhnya.

Ahad mengungkapkan, keberhasilan Diskominfotik Lobar dalam melaksanakan keterbukaan informasi publik melalui PPID telah menjadikan Lobar dinobatkan sebagai Badan Publik Informatif berturut-turut sejak tahun 2017 oleh Komisi Informasi Provinsi NTB. “Saat ini dua desa di Lobar yaitu Desa Senggigi dan Peresak sedang mengikuti penilaian keterbukaan informasi publi oleh Komisi Informasi Provinsi NTB dan diharapkan dapat mewakili NTB pada Lomba Apresiasi Desa Keterbukaan Informasi Publik Tingkat Nasional Tahun 2022”, ujarnya.

Ahad juga menegaskan, Diskominfotik Lobar terus berinovasi dalam upaya meningkatkan kapasitas SDM PPID di Lobar, baik PPID OPD maupun PPID Desa. Diantaranya melalui pembinaan PPID. Diskominfotik Lobar juga secara rutin setiap Senin melaksanakan Program “SENIN KITA” yaitu Sekolah Jurnalistik dan Kajian Berita secara daring dalam rangka meningkatkan kemampuan PPID OPD maupun PPID Desa di bidang jurnalistik. Selain itu Diskominfotik Lobar juga menyediakan aplikasi PPID Lombok Barat dan PPID Desa yang dapat diinstal melalui menu Play Store Smart Phone sehingga informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat dapat diakses dengan mudah.
(Tim Liputan Diskominfotik Lobar).