lokasi MTQ (2)Bencingah Agung Kantor Bupati Lombok Barat dan Ponpes Al-Aziziyah yang siap menjadi lokasi MTQ Nasional XXVI Tahun 2016

GIRI MENANG – Penyelenggaran Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional XXVI yang akan berlangsung pada akhir bulan Juli hingga Agustus mendatang. Lombok Barat mendapatkan posisi sebagai tuan rumah penyelenggara salah satu mata lomba bidang tahfidz. Untuk memusatkan penyelenggaraan tersebut, Pemkab Lombok Barat memilih dua lokasi yakni, Becingah Agung Kantor Bupati Lombok Barat dan Pondok Pesantren Al-Aziziyah Dusun Kapek Desa Gunung Sari Kecamatan Gunung Sari.

“ Alhamdulillah kita di Lombok Barat mendapatkan kesempatan sebagai penyelenggara mata lomba bidang tahfidz, yang dipusatkan di Becingah Agung dan Pondok Pesantren Al-Aziziyah,” terang Asisten I Setda Lombok Barat Hj. Baiq. Eva Nurcahyaningsih diruang kerjanya, Kamis (15/7).

lokasi MTQ (1)Persiapan pelaksanaan ini jelasnya, Pemkab telah merapatkan barisan dengan seluruh elemen untuk meramaikan kegiatan nasional tersebut. Alhasilnya, pemkab akan memasangkan baliho dan sepanduk ditempat umum pada tanggal 20 juli mendatang, sedangkan di kantor pemerintahan telah ramai. Kemudian, ruang khusus bagi dewan hakam, panitera, panitia berada di ruangan Umar Madi Komplek Kantor Bupati. Sementara, ruang tunggu peserta di kantor Humas Lombok Barat yang berdekatan dengan Becingah Agung. Di lokasi ini akan berlangsung lomba tahfidz untuk 1 dan 5 juz . “ Semua ruangan ini berada di dalam satu komplek kantor Bupati, sehingga semua peserta dan panitia mudah ke panggung utama,” paparnya.

Sedangkan, lokasi kedua di Ponpes Al-Aziziyah akan disiapkan panggung utama berada di tengah halaman ponpes, dan bisa juga di Masjid Ponpes. Seluruh panitia pun telah disiapkan langsung di lokasi Ponpes tersebut. Pada lokasi ini akan berlangsung lomba tahfidz 10 dan 20 juz. “ Al-Aziziyah dipercaya, karena dianggap telah melahirkan ribuan tahfidz tersebar di berbagai belahan bumi nusantara dan luar negeri dan kerap kali tampil setiap perlombaan,” tandasnya.

lokasi mtq (2)(1)Pada kesempatan ini, Lombok Barat pun berhasil mengutus empat orang mewakili Provinsi NTB diantaranya, di bidang qiroat putri atasnama Mas’adatin, hifzil quran 20 juz diwakilkan Muhammad Fathul Muin, tafsir bahasa inggris atasnama Hj. Hani Malkan, dan Musabaqah Makalah Quran (M2Q) diwakilkan oleh Abdul Kadir Jaelani. “ Keempat ini merupakan yang berhasil lolos pada pelaksanaan MTQ tingkat provinsi di Kabupaten Bima lalu, sehingga saat ini dilakukan pembinaan di provinsi. Kami berharap ini bisa mengharumkan nama NTB, terutama daerah Lombok Barat,” terangnya.

Untuk menyambut kedatangan para peserta, pihaknya akan melakukan bersih-bersih baik di komplek kantor Bupati dan Ponpes Al-Azizyah dengan melibatkan para pegawai, santriwati, serta unsur masyarakat. Termasuk juga para peserta yang akan datang melalui jalur transportasi laut di pelabuhan lembar, meski belum dipastikan pihaknya akan melakukan bersih-bersih sepanjang jalan Kecamatan Lembar dengan melibatkan otoritas pelabuhan lembar seperti pelindo dan PT ASDP.  “ Untuk menyambutnya H-5 kita sudah bersih-bersih menyambut kedatangan para peserta tersebut. Mengingat juga Lombok Barat sebagai pintu masuk melalui jalur pelabuhan Lembarr,” ujarnya.

Sesuai jadwal, para peserta akan berdatangan pada tanggal 28 dan 29 Juli, baru pada tanggal 30 Juli akan dilakukan pembukaan yang dipusatkan di Islamic Center kota Mataram. Bagi peserta yang ikut lomba 1,5,10, dan 20 juz berlokasi di Lombok Barat berlangsung lombanya pada pagi dan siang hari. “ kalau malam hari tidak ada, dan lomba ini akan berlangsung selama lima hari,” pungkasnya.(dika)

Nama Lengkap : Hery Mahardika