Giri Menang, Minggu 11 Agustus 2019 – Ratusan masyarakat Lombok Barat memadati Bencingah Kantor Bupati Lombok Barat, Minggu (11/8). Sejak pukul 06.30 Wita, masyarakat khususnya sekitar wilayah Gerung sudah bersiap melaksanakan Shalat Ied.

Shalat Ied kali ini diimami oleh Ustaz H. Jam’ul Khair dilanjutkan Khotbah oleh Bupati H. Fauzan Khalid.

Dalam khotbahnya, bupati menceritakan kisah Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS yang selanjutnya menjadi awal peringatan Qurban setiap tahunnya.

“Tidak ada kata selain keikhlasan dan kepasarahan total kepada Allah SWT disertai usaha yang sungguh-sungguh,” kata bupati menyimpulkan isi khotbahnya.

Sementara itu, Sekda Lombok Barat H. Moh. Taufiq dalam kesempatan itu meminta masyarakat Lombok Barat agar dapat meneladani kisah Nabi Ibrahim AS. Taufiq berharap agar masyarakat dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan untuk menjadi orang yang taqwa.

“Setiap kita seharusnya meneladani Nabi Ibrahim Alaihissalam. Nabi Ibrahim tidak diperintah Allah SWT untuk membunuh Ismail. Ibrahim hanya diminta Allah untuk membunuh rasa kepemilikan terhadap Ismail, karena hakekatnya semua itu adalah milik Allah. Ismail kita mungkin harta kita, jabatan kita, gelar kita, ego kita, anak kita, atau sesuatu yang kita sayangi dan kita pertahankan,” katanya.

“Semoga Allah SWT menganungerahkan kesolehan Nabi Ibrahim dan keikhlasan Nabi Ismail kepada kita,” pungkasnya.

Usai pelaksanaan Shalat Ied, bupati kemudian menyerahkan seekor sapi secara simbolis kepada Kapolres Lombok Barat AKBP Hery Wahyudi.

Tahun ini Pemkab Lombok Barat dapat mengumpulkan 16 ekor sapi dan 36 ekor kambing yang selanjutnya disebar ke pihak-pihak yang membutuhkan untuk diqurbankan.