Batulayar, Diskominfotik – Pengukuhan Pengurus Daerah Perkumpulan Promotor dan Pendidikan Kesehatan Masyarakat Indonesia (PPPKMI) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Pelantikan Pengurus Cabang Kota Mataram Masa Bakti Tahun 2021-2025 secara Offline dan Online, bertempat disalah satu Hotel Kawasan Wisata Senggigi, Kecamatan Batulayar, Lombok Barat (Lobar), Sabtu (10/4/2021). Hal ini berdasarkan Keputusan Ketua Umum Perkumpulan PPKMI tentang pengesahan Pengurus Daerah Perkumpulan PPKMI Cabang Provinsi NTB.

Acara pelantikan dan pengukuhan yang berlangsung di Ballroom Salah Satu Hotel di Kawasan Wisata Senggigi ini dihadiri Dudut Eko Juliawan, SKM., MPH Ketua Umum Pengurus Daerah PPPKMI Provinsi NTB, Arif Rahman Sekertaris PPKMI Provinsi NTB, Muhammad Zainudin, SKM Ketua PPKMI Kabupaten Lobar, Ketua IAKMI NTB, Ketua IAKMI Kota Mataram, Drs. Geria Jelantik, MS Penasehat PPKMI Provinsi NTB, Hj. Wilya Isnaini, SKM.MM Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan (SDK) Dinas Kesehatan (Dikes) Provinsi NTB yang mewakili Kepala Dikes Provinsi NTB, dan Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Kota Mataram I Dewa Mudita, SH.

Dalam acara pelantikan/pengukuhan dan pengambilan sumpah profesi itu sekaligus dilakukan penandatanganan berita acara oleh Dudut Eko Juliawan, SKM., MPH sebagai ketua PPPKMI NTB serta penyematan Pin PPPKMI kepada Dian Novita, SKM., M.Kes Ketua PPKMI Kota Mataram terpilih berdasarkan Surat Keputusan Nomor : 06/PPPKMI/ORG/III/2021Tentang Pengesahan Pengurus Perkumpulan PPKMI Cabang Kota Mataram Masa Bakti 2021-2025.

Sekertaris PPKMI Provinisi NTB mejlesakan makna tema dalam pelantikan dan pengukuhan hari ini yakni  “PIJAKAN SEHAT Menuju Keluarga Sehat” Artinya PIkir sehat, Jalan sehat maKAN sehat” sebagaimana diketahui bahwa peran dari organisasi ialah untuk mengedepankan serta mengedukasi masyarakat untuk hidup lebih sehat melalui pikiran sehat dengan mengurangi stress, Jalan sehat dengan aktivitas fisik 30 menit dan juga Makan sehat terutama buah dan sayur. Tak terkecuali di tengah pandemi COVID 19 peran dari forum ini sudah sering bergerak dalam bersosialisasi serta mengedukasi kepada masyarakat untuk tetap patuh terhadap protokol kesehatan dan tidak takut vaksinasi, serta menghindari berita hoax, dalam ini ini upaya yang perlu dan sangat penting dilakukan ketua dan pengurus PPKMI ialah mengcounter berita Hoax mengenai Vaksinansi ini,”ujar Arif Rahman.

Pada acara tersebut Hj. Wilya Isnaini, SKM.MM Kepala Bidang SDK Dikes Provinsi NTB yang membacakan sambutan Kepala Dikes Provinsi NTB menyampaikan harapannya agar Perkumpulan PPKMI ini menjadi organisasi yang potensial untuk mendayagunakan sumber daya manusia promosi kesehatan khususnya di provinsi NTB.

Lebih lanjut dalam sambutannya, Hj. Wilya Isnaini menyambut baik dibentuknya kepengurusan PPPKMI cabang Provinsi NTB dengan harapan dapat tercipta sinergitas atau kerjasama yang selaras dan seimbang diantara berbagai pihak, baik dari akademisi, LSM, Kementerian Kesehatan, lembaga pemerintahan atau lembaga profesi lainnya. Lebih lanjut Hj. Wiliya Isnaini mengajak secara bersama-sama melakukan berbagai upaya dalam meningkatkan derajat kesehatan di Indonesia khususnya di Provinsi NTB.

Sementara itu, Dudut Eko Juliawan, SKM., MPH dalam keterangannya mejelaskan, “PPPKMI lebih intensif lagi pada kiprahnya dalam bidang pembangunan kesehatan masyarakat juga lebih mendorong masyarakat agar peduli terhadap kesehatan secara mandiri, dan di usianya yang ke 33 tahun PPKMI tepatnya pada tanggal 14 Februari 2021 yang saat ini kepengurusan PPKMI Terdiri dari 5 pengurus cabang, diantaranya Kabupaten Lobar , Kabupaten Sumbawa, Sumbawa Barat, , dan saat ini pengukuhan untuk Kota Mataram, pengukuhan kepengurusan untuk Cabang Kota Mataram yang dilaksanakan secara online dan offline,” tutupnya. Diskominfotik/Fiyan/YL